Image of Nilai Religious Culture di Lembaga Pendidikan / Muslimah

Text

Nilai Religious Culture di Lembaga Pendidikan / Muslimah



Abstrak Informatif :
Buku ini diangkat dari tesis penulis yang berjudul pengaruh nilai religious culture terhadap manajemen kinerja di SMP Negeri 2 Arut Selatan, yang kemudian penulis sesuaikan dengan format penulisan buku, dengan perubahan-perubahan yang tidak signifikan sehingga sesuai dengan judul buku. Yang melatari penulis mengangkat nilai religious culture, karena nilai ini yang nyata ada dan dirasakan oleh lembaga pendidikan seperti sekolah, karena terdapat multi agama, suku, budaya dan lainnya. Menyoroti pengaruhnya dalam manajemen kinerja, karena manajemen kinerja merupakan proses yang mengandung fungsi-fungsi yang harus dijalankan dalam mengelola pendidikan di sekolah, sehingga pendidikan itu dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Lembaga pendidikan seperti sekolah harus dipandang sebagai tempat beribadah, sehingga segala aktivitas yang dilakukan di dalamnya diniatkan sebagai ibadah dan berfungsi sebagai wahana ibadah sosial. Sekolah yang diisi oleh tim kerja dari berbagai agama, kepercayaan dan suku, seyogianya dapat mengimplementasikan religious culture secara universal, melalui pembiasaan-pembiasaan, baik secara individu maupun sistem kerja yang disepakati.
Upaya mengimplementasikan religious culture di sekolah, memang sejalan menjadi keharusan bagi setiap individu, maupun manajemen untuk mengaktualisasikan pendidikan religi dan sikap religius dalam setiap aktivitas pelaksanaan pendidikan di sekolah. Kewajiban bagi manajemen sekolah mengimplementasikan religious culture di sekolah, sudah mendapatkan keuntungan dari adanya perangkat-perangkat sekolah yang terstruktur dan hirarki. Hal ini memudahkan bagi pengelola sekolah untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan dan kegiatan positif yang mendukung. Kekuatan pengelola ada pada faktor yuridis formal, dan aplikasi yuridis formal itu ada pada faktor pengaruh yang mengitari posisi strategis pengelola sekolah.
Pembahasan buku ini terdiri atas 6 bab yaitu bab 1 pendahuluan; bab 2 kajian pustaka; bab 3 deskripsi lembaga pendidikan; bab 4 perkembangan religious culture di sekolah; bab 5 bentuk-bentuk religious culture di sekolah dan pembahasan terakhir bab 6 penutup berisi kesimpulan dan saran-saran.
Kata Kunci : Religious Culture, Pendidikan, Kepala Sekolah.


Ketersediaan

170054833U 373.236 04 Mus nPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Proses Penyiangan
170054696U 373.236 04 Mus nPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
170054834U 373.236 04 Mus nPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
170054835U 373.236 04 Mus nPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
170054836U 373.236 04 Mus nPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
170054832U 373.236 04 Mus nPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 373.236 04 Mus n
Penerbit Aswaja Pressindo : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 186 hlm.; illus.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786026791528
Klasifikasi
373.236 04
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this