Image of Metode Riset Kebijakan Pendidikan / Anas Salahudin

Text

Metode Riset Kebijakan Pendidikan / Anas Salahudin



Abstrak Informatif :
Penelitian menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada bidang pendidikan di Indonesia, diantaranya masalah kebijakan , manajerial, dan operasional pendidikan, penelitian menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini karena penelitian pada bidang pendidikan memiliki ruang lingkup yang luas, dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif atau R dan B. Pemilihan pendekatan penelitian berdasarkan pada kompetensi peneliti dan objek yang diteliti. Penelitian pada bidang pendidikan dapat dilakukan pada tingkat operasional, manajerial atau kebijakan.
Peneltian kebijakan pendidikan berfungsi meneliti efektivitas perilaku yang diterapkan untuk memperbaiki kegiatan kebijakan pendidikan. Efektivitas ini diukur dari ada tidaknya peningkatan kualitas kebijakan pendidikan setelah mengalami perlakuan tersebut. Jenis penelitian ini berfungsi menjelaskan tujuan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriftif, eksperimen, dan historis, yang banyak digunakan dalam penulisan skripsi, tesis maupun disertasi.
Fungsi deskriptif pada penelitian dalam kebijakan pendidikan ada, artinya mmemang meneliti gejala-gejala kebijakan pendidikan. Keberhasilan penelitian ini, sangat dipengaruhi oleh kualitas instrumen atau teknologi yang digunakan saat mengumpulkan data. Fungsi deskriptif bertujuan menyajikan informasi yang didasarkan pada perhitungan statistik tentang aspek yang dibutuhkan atau diminati para pembuat kebijakan.
Penelitian ini menghasilkan pengetahuan baru melalui pengajuan rumusan hipotesis yang diajukan peneliti berdasarkan teori yang melandasi perumusannya.
Buku model riset kebijakan pendidikan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk berpikir, menyelidiki dan menemukan makna kebijakan pendidikan secara filosofis maupun praktis. Buku ini dirapkan dapat membantu mahasiswa dan peneliti dalam mendalami pengetahuan tentang metode penelitian kebijakan pendidikan, desain penelitian kebijakan pendidikan, desain penelitian kebijakan pendidikan, landasan teori kebijakan pendidikan, kerangka berpikir, dan hipotesis kebijakan pendidikan, penelitian yang relevan dengan kebijakan pendidikan, penyusunan, pengumpulan, analisis dan validitas data penelitian kebijakan pendidikan, model penelitian deskriptif kebijakan pendidikan, model penelitian eksperimen kebijakan pendidikan dan model penelitian historis kebijakan pendidikan.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 14 bab pembahasan, yang meliputi bab 1 pendahuluan; bab 2 kategori penelitian; bab 3 konsep dasar penelitian pendidikan; bab 4 wilayah penelitian studi kebijakan pendidikan; bab 5 konsep penelitian kebijakan pendidikan; bab 6 desain penelitian kebijakan pendidikan; bab 7 landasan teori, kerangka pikir, hipotesis dan penelitian relevan dalam metode penelitian; bab 8 metode penelitian kebijakan pendidikan; bab 9 pembahasan hasil penelitian kebijakan pendidikan; bab 10 kesimpulan, implikasi dan rekomendasi penelitian kebijakan penelitian; bab 11 model penelitian historis kebijakan pendidikan; bab 12 model penelitian deskriptif kebijakan pendidikan; bab 13 model penelitian eksperimen kebijakan pendidikan; dan terakhir pembahasan pada bab 14 model penulisan laporan penelitian kebijakan pendidikan.
Kata Kunci : Kebijakan Pendidikan, Penelitian Pendidikan, Metode Penelitian.


Ketersediaan

170056911U 379.072 Ana mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 379.072 Ana m
Penerbit Pustaka Setia : Bandung.,
Deskripsi Fisik
290 hlm.; tabel.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789790766488
Klasifikasi
379.072
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this