Image of Kepemimpinan Pendidikan (meneguhkan legitimasi dalam berkontestasi di bidang pendidikan)

Text

Kepemimpinan Pendidikan (meneguhkan legitimasi dalam berkontestasi di bidang pendidikan)



Abstrak Informatif :
Seorang pemimpin adalah orang yang memiliki posisi tertentu dalam hirarki organisasi. Ia harus membuat perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan serta keputusan efektif. Pemimpin harus selalu melibatkan orang lain dalam setiap kegiatannya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dimana ada pemimpin di sana ada pengikut, pemimpin harus dapat mempengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan.
Sedangkan kepemimpinan merupakan inti manajemen, dan manajemen adalah inti dari administrasi. Pada umumnya kepemimpinan didefinisikan sebagai suatu proses mempengaruhi aktivitas dari individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu.
Kepemimpinan kependidikan sendiri didefinisikan sebagai suatu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinasikan dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan pengembangan ilmu pendidikan, dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, agar kegiatan-kegiatan yang dijalankan lebih efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran.
Diskursus tentang kepemimpinan selalu saja mengundang pro dan kontra untuk dikaji, dan pada tataran teori banyak para ahli menyodorkannya secara definisi. Teori kepemimpinan ini semakin menarik untuk dibahas, ketika banyak muatan kepentingan yang menyertainya dengan tidak jujur sebagai sesuatu yang mesti dibahas secara proporsional dan intelektual.
Dalam konteks pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah yang profesional sangat menentukan, sehingga sekolah akan efektif dalam aktivitasnya. Profesional yang tidak hanya diterjemahkan sebagai tuntutan pekerjaan.
Buku ini terdiri dari 8 bab pembahasan, yang meliputi bab 1 pengertian dan konsep-konsep dasar kepemimpinan; bab 2 syarat-syarat dan prinsip-prinsip kepemimpinan : mengeliminasi syahwat kekuasaan; bab 3 paradoksalitas kepemimpinan dan manajemen; bab 4 pendekatan dan model-model kepemimpinan : meneguhkan kepercayaan publik; bab 5 tipe dan gaya kepemimpinan : kritik atas kekuasaan; bab 6 organisasi : konsistensi dalam pengembangan dan pembinaan; bab 7 peranan dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin kependidikan dan terakhir bab 8 pemimpin pendidikan yang efektif : meneguhkan kepercayaan .
Kata Kunci : Kepala Sekolah, Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan.


Ketersediaan

170056912U 371.2 Mas kPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 371.2 Mas k
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xiv, 182 hlm.; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786022892151
Klasifikasi
371.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this