Detail Cantuman
Advanced Search
Text
Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Abstrak Informatif :
Pengawasan pendidikan merupakan fungsi penting dalam proses manajemen/administrasi pendidikan. Kepentingan strategis pengawasan pendidikan adalah mewujudkan institusi pendidikan yang sehat, yaitu mematuhi peraturan dan perundang-undangan, melaksanakan rencana dan program, serta mempraktekkan konsep dan teori keilmuwan dalam melakukan tugas pekerjaan. Kondisi tersebut diperlukan untuk mewujudkan sekolah efektif as a place for better learning yang difokuskan pada business core penyelenggaraan pendidikan, yaitu mutu layanan pembelajaran.
Dalam buku ini, kajian pengawasan pendidikan dibahas dalam konstruksi ilmu administrasi/manajemen pendidikan, dimana kajiannya difokuskan pada supervisi akademik untuk mewujudkan pembelajaran profesional bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah serta profesional lainnya (professional learning community) sehingga memupuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang merupakan kondisi prasyarat dalam penjaminan mutu pendidikan. Dalam konteks tersebut, isi buku ini membahas bagaimana penjaminan mutu guru dilakukan dan bagaimana memberdayakan wadah-wadah gugus kendali mutu, seperti KKG, MGMP, MKKS, MKPS. Penjaminan mutu layanan pembelajaran di kelas diilustrasikan dalam pendekatan belajar siswa aktif dengan guru mengajar kreatif. Sistem penjaminan mutu internal dan eksternal dibahas secara integratif sebagai bagian utuh manajemen kinerja sistem pendidikan dalam tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 14 bab pembahasan yang meliputi bab 1 perspektif kajian administrasi pendidikan; bab 2 profesionalisasi administrasi pendidikan; bab 3 pengawasan pendidikan; bab 4 supervisi akademik; bab 5 pengawasan pendidikan di sekolah; bab 6 sekolah efektif; bab 7 penjaminan mutu pendidikan; bab 8 penjaminan mutu pendidikan nasional; bab 9 evaluasi diri sekolah; bab 10 pengawasan sekolah oleh pemerintah daerah; bab 11 penjaminan mutu guru; bab 12 pemberdayaan peran pelaku dan wadah supervisi pendidikan; bab 13 prosedur membantu guru; dan pembahasan diakhiri pada bab 14 membantu guru dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci : Supervisi Pendidikan, Proses Belajar Mengajar.
Ketersediaan
170057011 | U 371.2 Dja p | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
U 371.2 Dja p
|
Penerbit | Alfabeta : Bandung., 2016 |
Deskripsi Fisik |
xii, 272 hlm.; 23 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978602289234
|
Klasifikasi |
371.2
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Cet. 2
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Djam'an Satori
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain