Image of Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Text

Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan



Abstrak Informatif :
Pengawasan pendidikan merupakan fungsi penting dalam proses manajemen/administrasi pendidikan. Kepentingan strategis pengawasan pendidikan adalah mewujudkan institusi pendidikan yang sehat, yaitu mematuhi peraturan dan perundang-undangan, melaksanakan rencana dan program, serta mempraktekkan konsep dan teori keilmuwan dalam melakukan tugas pekerjaan. Kondisi tersebut diperlukan untuk mewujudkan sekolah efektif as a place for better learning yang difokuskan pada business core penyelenggaraan pendidikan, yaitu mutu layanan pembelajaran.
Dalam buku ini, kajian pengawasan pendidikan dibahas dalam konstruksi ilmu administrasi/manajemen pendidikan, dimana kajiannya difokuskan pada supervisi akademik untuk mewujudkan pembelajaran profesional bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah serta profesional lainnya (professional learning community) sehingga memupuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang merupakan kondisi prasyarat dalam penjaminan mutu pendidikan. Dalam konteks tersebut, isi buku ini membahas bagaimana penjaminan mutu guru dilakukan dan bagaimana memberdayakan wadah-wadah gugus kendali mutu, seperti KKG, MGMP, MKKS, MKPS. Penjaminan mutu layanan pembelajaran di kelas diilustrasikan dalam pendekatan belajar siswa aktif dengan guru mengajar kreatif. Sistem penjaminan mutu internal dan eksternal dibahas secara integratif sebagai bagian utuh manajemen kinerja sistem pendidikan dalam tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 14 bab pembahasan yang meliputi bab 1 perspektif kajian administrasi pendidikan; bab 2 profesionalisasi administrasi pendidikan; bab 3 pengawasan pendidikan; bab 4 supervisi akademik; bab 5 pengawasan pendidikan di sekolah; bab 6 sekolah efektif; bab 7 penjaminan mutu pendidikan; bab 8 penjaminan mutu pendidikan nasional; bab 9 evaluasi diri sekolah; bab 10 pengawasan sekolah oleh pemerintah daerah; bab 11 penjaminan mutu guru; bab 12 pemberdayaan peran pelaku dan wadah supervisi pendidikan; bab 13 prosedur membantu guru; dan pembahasan diakhiri pada bab 14 membantu guru dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci : Supervisi Pendidikan, Proses Belajar Mengajar.


Ketersediaan

170057011U 371.2 Dja pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 371.2 Dja p
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xii, 272 hlm.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978602289234
Klasifikasi
371.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this