Detail Cantuman
Advanced Search
Text
Pendidikan Profesi Keguruan: menjadi guru inspiratif dan inovatif
Abstrak Informatif :
Guru merupakan sosok yang sangat dihormati karena memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru juga sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Tugas guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik, mengasuh, membimbing dan membentuk kepribadian siswa untuk menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang mampu mengisi lapangan kerja dan siap berwirausaha.
Kesalahan guru dalam memahami profesinya akan mengakibatkan bergesernya fungsi guru secara perlahan=lahan. Pergeseran ini telah menyebabkan dua pihak yang sebelumnya sama-sama membawa kepentingan dan saling membutuhkan, yakni guru dan siswa, menjadi tidak lagi saling membutuhkan. Suasana belajar sangat memberatkan, membosankan, dan jauh dari suasana yang membahagiakan. Dari sinilah konflik demi konflik muncul sehingga pihak-pihak di dalamnya melampiaskan ketidakpuasan dengan cara-cara yang tidak benar.
Realitas pendidikan saat ini adalah menciutnya peran guru dalam proses pengembangan potensi pribadi peserta didik. Hampir tidak ada peran berarti, kecuali sebagai pembekal informasi, yang menyajikan pengetahuan yang harus diketahui dan dihafalkan, tetapi jarang mengajarkan cara-cara mencari pengetahuan yang belum diketahui. Oleh karena itu, penulis mencoba menghadirkan buku yang mengupas sosok guru yang dapat membangun energi perubahan positif mendorong siswa berprestasi. Buku ini menarik untuk dipelajari oleh para guru untuk masa depan. Istilah guru inspiratif adalah guru yang memiliki orientasi jauh lebih luas. Guru inspiratif memilih melakukan tindakan yang sangat strategis, yaitu mampu memberikan perspektif yang mencerahkan. guru inspiratif menawarkan perspektif yang memberdayakan dan menghasilkan energi yang kreatif. Buku ini hadir secara inspiratif dan revolusioner menyelami seluk beluk dunia guru dan menyuguhkan resep maknyus untuk menjadi guru yang menyenangkan, inspiratif, kreatif dan inovatif. Karena hanya dengan karakter inilah para guru akan mampu mengemban amanah edukatifnya, menghasilkan produk pendidikan yang positif, dinamis dan kompetitif.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 10 bab pembahasan yang terdiri dari bab 1 pendahuluan; bab 2 konsep dasar guru profesional; bab 3 kompetensi dan kinerja guru profesional; bab 4 pendekatan sistem dalam pengembangan belajar mengajar; bab 5 model pengembangan sistem pengajaran; bab 6 strategi rencana pengembangan tujuan dan bahan pengajaran; bab 7 strategi rencana pengembangan media dan metode pengajaran; bab 8 strategi rencana evaluasi dan umpan balik pengajaran; bab 9 konsep bimbingan konseling dan pembahasan diakhiri pada bab 10 penerapan bimbingan konseling di sekolah.
Kata Kunci : Guru Profesional, Metode Pengajaran.
Ketersediaan
170057023 | U 371.120 71 Rus p | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2) | Tersedia |
180059745 | U 371.120 71 Rus p | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (lantai 2) | Tersedia |
180059781 | U 371.120 71 Rus p | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (lantai 2) | Tersedia |
180059782 | U 371.120 71 Rus p | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (lantai 2) | Tersedia |
190061688 | U 371.120 71 Rus p | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (lantai 2) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
U 371.120 71 Rus p
|
Penerbit | Pustaka Setia : Bandung., 2015 |
Deskripsi Fisik |
350 hlm.; Tabel ; 23 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
9789790764521
|
Klasifikasi |
371.120 71
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Cet. 1
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
A. Rusdiana
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain