Detail Cantuman
Advanced Search
Text
Sosiologi Pendidikan / Zainuddin Maliki
Abstrak Informatif :
Manfaat sosiologi sangat besar bagi upaya pengembangan pendidikan, karena pendidikan diselenggarakan di tengah kehidupan masyarakat yang terus menerus tumbuh dan berubah cepat. Tanpa memahami karakteristik pertumbuhan dan perkembangan masyarakat, penyelenggaraan pendidikan bisa keluar dari konteks masyarakatnya. karena itu diperlukan jasa ilmu-ilmu sosial terutama teori-teori tentang sosiologi.
Buku ini dalam pembahasannya terbagi ke dalam 5 bab pembahasan, yang mencakup bab 1 perkembangan perspektif sosiologi pendidikan, dimana pada bab ini membahas sosiologi sebagai pendekatan studi tentang pendidikan, beberapa pendekatan yang digunakan sejumlah perspektif sosiologi pendidikan, baik perspektif sosiologi pendidikan yang berorientasi makro maupun mikro dengan sejumlah teori yang relevan. Paradigma yang berkembang di dunia pendidikan sebagai implikasi dari pilihan perspektif sosiologis yang digunakan yang meliputi paradigma behaviorism, konstruktivisme dan social cognitive dalam pengembangan pendidikan; bab 2 pendidikan dalam perspektif struktural fungsional, diharapkan pada bab 2 akan mampu memahami posisi perspektif ini dalam mengembangkan pandangannya tentang pendidikan, kemudian memasuki konteks sosial yang melatarbelakangi timbulnya perspektif ini, asumsi-asumsi, pertanyaan yang diajukan, unit analisasi dan metodologi serta kerangka pemikiran para tokohnya dan implikasinya terhadap strategi pembelajaran; bab 3 pendidikan dalam perspektif struktural konflik, pada bab ini pembaca diajak menelusuri pemikiran perspektif struktural konflik Karl Marx; bab 4 pendidikan dalam perspektif konstruksionis, akar pemikiran perspektif konstruksionis dan tokoh-tokohnya dan pendidikan dalam perspektif konstruksionisme; pembahasan terakhir pada bab 5 masalah sosiologi dalam pendidikan, pada bab ini didiskusikan masalah-masalah sosiologik dalam pendidikan. seperti pendidikan multikultural, gender, identitas dan pluralisme serta bagaimana peran dan cara pendidikan mengantisipasi perubahan sosial.
Kata Kunci : Behavioristik, Robert K. Merton, Konstruktivistik.
Ketersediaan
180057599 | U 370.19 Zai s | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
U 370.19 Zai s
|
Penerbit | UGM Press : Yogyakarta., 2010 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 305 hlm.; 21 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
9799794206804
|
Klasifikasi |
370.19
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Cet. 2
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Zainuddin Maliki
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain