No image available for this title

CD-ROM

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DIKELAS VIII SEMESTER 1 DI MTSN 1 MODEL PALANGKA RAYA



Telah dilakukan penelitian tentang penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas VIII semester 1 di MTsN 1 Model Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengelolaan pembelajaran fisika melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan Usaha dan Energi, (2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan Usaha dan Energi, dan (3) Respon siswa terhadap penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan Usaha dan Energi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar (THB) kognitif siswa, dengan instrumen tes berjumlah 50 butir soal pilihan ganda yang diuji cobakan pada kelas VIII-4 MTsN 1 Model Palangka Raya. Hasil uji coba 50 butir soal THB kognitif dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda diperoleh sebanyak 28 soal yang dipakai (valid) dan 22 soal gugur (tidak valid). Hasil uji coba THB kognitif menunjukkan reliabilitas 50 butir soal sebesar 0,750 dan hasil THB menunjukkan reliabilitas 28 butir soal sebesar 0,539. Sampel penelitian dengan teknik random sampling adalah kelas VIII-2 semester 1 MTsN 1 Model Palangka Raya sejumlah 38 siswa. Sampel diajarkan materi usaha dan energi dengan menerapkan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Think-Pair-Share (TPS), pada akhir pembelajaran sampel diberikan tes akhir untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Hasil penelitian diperoleh : (1) Pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) pada materi pokok usaha dan energi meperoleh nilai rata-rata 3,34 dengan kategori cukup baik. (2) ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu sebanyak 30 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas, dan TPK yang tuntas sebanyak 7 TPK dan yang tidak tuntas sebanyak 4 TPK. (3) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think- air-Share (TPS) dalam kategori baik. Berdasarkan hasil respon siswa secara keseluruhan siswa 93,98 % siswa senang, 84,21 % siswa menyatakan baru, 100 % siswa menyatakan bermanfaat terhadap pernyataan pada angket respon siswa, dan 100 % siswa menyatakan mudah memahami konsep usaha dan energi setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe thinkpair- share (TPS).


Ketersediaan

54/TFS/13R 430Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
54/TFS/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 533
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this