No image available for this title

CD-ROM

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA



Efektivitas merupakan suatu tahapan yang ingin dicapai oleh guru untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan yaitu di sini siswa aktif dalam berdiskusi untuk memecahkan masalah dan bertukar saling informasi, akan tetapi di sini para siswa dalam menerima pelajaran bukan hanya sekedar menerima, namun diharapkan lebih dari itu mereka mampu untuk memecahkan suatu permasalahan dalam mencari suatu kebenaran yang sering terjadi pada dinamika kehidupan sosial. Apalagi para siswa Madrasah Aliyah telah berpikir kritis dalam menerima pelajaran, tidak hanya menerima begitu saja, tetapi banyak kegiatan pembelajaran yang dilakukannya sehingga sebagai hasilnya kadang-kadang bahkan tidak setuju dengan apa yang disampaikan oleh teman dan gurunya. Untuk itulah pentingnya melaksanakan metode diskusi yang baik dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran aqidah akhlak guna memberikan pemahaman yang benar-benar pada siswa.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efektivitas penerapan metode diskusi dalam proses belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Muslimat NU Palangka Raya? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode diskusi di Madrasah Aliyah Muslimat NU Palangka Raya? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan secara jelas tentang efektivitas penerapan metode diskusi dalam proses belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Muslimat NU Palangka Raya; 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode diskusi di Madrasah Aliyah Muslimat NU palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Aqidah Akhlak, semua siswa XI IPA dan IPS, sedangkan informan adalah 3 orang siswa. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi. Analisis data melalui 4 tahap yaitu: 1) pengumpulan data 2) pengurangan data 3) penyajian data 4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Metode diskusi tidak efektif digunakan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, khususnya pada siswa kelas XI di MA Muslimat NU Palangka Raya, karena metode dan materinya ini sulit dipahami oleh peserta didik dan siswa lebih banyak diam pada saat diskusi. a). Perencanaan: guru membuat RPP, pembagian kelompok diskusi dan materi sebelum berlangsungnya metode diskusi. b). proses pelaksanaan diskusi di sini siswa lebih banyak diam daripada berdiskusi dikarenakan kejenuhan siswa terhadap metode diskusi. c). Penutup, diskusi ditutup oleh guru dengan menyimpulkan materi yang didiskusikan.2) hasil belajar siswa menggunakan metode diskusi ini tidak efektif dikarena mulai dari penguasaan materi yang tidak tikuasai siswa, kekompakan/kerjasama anggota yang tidak ada, dan tidak adanya keaktifan siswa saat berlangsungnya metode diskusi sehingga hasil belajar siswa untuk kelas XI IPS memperoleh nilai 5,93 dan kelas XI IPA memperoleh nilai 5,47.


Ketersediaan

524/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
524/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this