Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PENGARUH PENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAMA DAN PENYAKIT PADATUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 SAMPIT
Konsep pada materi hama dan penyakit pada tumbuhan mempelajari tentang konsep berupa hapalan yang disertai nama ilmiah seperti pengertian konsep hama, penyakit, contoh, penyebab, dan cara penanggulanggannya sehingga sulit dipahami siswa. Selain itu, didukung pembelajaran yang masih terpusat pada guru atau konvensional dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berakibat tidak maksimalnya hasil belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk melihat manfaat penggunaan pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa pada materi hama dan penyakit pada tumbuhan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Sampit.
Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berpendekatan SETS pada kelompok eksperimen, (b) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok kontrol, dan (c) mengukur pengaruh signifikan pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan rancangan Non-Equivalent Control Group Pretest-Postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Sampit Tahun Ajaran 2012/2013, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIR1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIR5 yang berjumlah 31 orang sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes dan analisis data menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hasil belajar siswa kelompok eksperimen meningkat dari pretest ke postest dengan rata-rata 43,43 menjadi 75,64, Sedangkan N-gainnya memiliki rata-rata 0,58, (b) Hasil
belajar siswa kelompok kontrol meningkat dari pretest ke postest dengan rata-rata 44,73 menjadi 69,15. Sedangkan N-gainnya memiliki rata-rata 0,44, dan (c) Uji hipotesis Anacova menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows menunjukkan pendekatan SETS berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tabel Tests of Between-Subjects Effects dengan nilai Sig = 0,001. Jika α = 0,05 lebih besar atau sama dengan nilai Sig = 0,001 atau (0,05 ≥ 0,001), maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Ketersediaan
48/TBG/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
48/TBG/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 591.6
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Lusi Setiawati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain