Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PREPARAT SPESIMEN SEGAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh signifikan penggunaan media preparat spesimen segar materi pembelajaran struktur dan fungsi jaringan tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelompok eksperimen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan rancangan Control Group Design Pretest-Postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2012/2013, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII Anggrek (kelompok eksperimen) dan kelas VIII Asoka (kelompok kontrol). Data dikumpulkan dengan metode tes dan analisis data menggunakan uji analisis one way anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) hasil belajar siswa kelompok eksperimen meningkat dari pretest ke postest dengan rata-rata 42,35 menjadi 75,18, Sedangkan N-gainnya memiliki rata-rata 0,58, dan persentase hasil belajar ketuntasan secara klasikal mencapai 85,3% kategori tuntas (b) hasil belajar siswa kelompok kontrol meningkat dari pretest ke postest dengan rata-rata 43,47 menjadi 68,27. Sedangkan N-gainnya memiliki rata-rata 0,45, dan persentase hasil belajar ketuntasan secara klasikal mencapai 53,3% kategori tidak tuntas (c) uji hipotesis one way anova menunjukkan penggunaan media preparat spesimen segar dalam pembelajaran mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tabel Anova dengan nilai Sig. = 0,014 lebih kecil dari 0,05 (0,014 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Ketersediaan
60/TBG/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
60/TBG/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 580
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Diah Safitri
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain