No image available for this title

CD-ROM

PENERAPAN MEDIA E-LEARNING PADA KONSEP ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS X MAN MODEL PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013



Media dalam dunia pendidikan adalah alat yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemajuan audiens (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar. E-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika. Materi elearning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet. Distribusi interaksi e-learning bisa juga dilakukan secara off-line menggunakan media CD/DVD. Media e-learning dalam penelitian ini berupa CD/DVD adopsi dari Bamboomedia.
Media yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X MAN Model Palangka Raya masih kurang bervariasi ditambah jumlah jam pembelajaran biologi yang pendek dengan materi yang cakupannya luas, sehingga aktivitas belajar siswa masih kurang maksimal. Media e-learning diterapkan untuk menyelesaikan materi yang cakupannya luas dengan tepat waktu, sehingga dapat berdampak positif pada aktivitas siswa.
Adapun yang menjadi rumusan masalah (1) Apakah penerapan media e-learning pada konsep Animalia di kelas X MAN Model Palangka Raya dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran? (2) Apakah penerapan media e-learning pada konsep Animalia di kelas X MAN Model Palangka Raya dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran?, dengan tujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan media e-learning pada konsep Animalia di kelas X MAN Model Palangka Raya (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dalam menerapkan media e-learning pada konsep Animalia di kelas X MAN Model Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan serta refleksi atas tindakan. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan aktivitas guru dalam menerapkan media e-learning. Penelitian dilaksanakan di MAN Model Palangka Raya di kelas X-4 dengan jumlah siswa 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dilakukan oleh 2 orang pengamat yaitu satu orang guru biologi MAN Model Palangka Raya dan satu orang mahasiswa STAIN Palangka Raya.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam proses pembelajaran menggunakan media e-learning. Aktivitas siswa pada siklus I kategori kurang aktif 11,43%, aktif 85,71%, dan sangat aktif 2,86%, pada siklus II kategori kurang aktif 0%, aktif 48,57%, dan sangat aktif 51,43%. Aktivitas guru dalam menerapkan media e-learning pada siklus I mendapatkan jumlah skor 49,25 dengan kategori baik dan pada siklus II mendapatkan jumlah skor 62 dengan kategori baik sekali. Peningkatan jumlah skor aktivitas guru sebesar 12,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media e-learning dapat meningkatan aktivitas belajar siswa dan dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam pembelajaran Biologi khususnya pada konsep Animalia.


Ketersediaan

67/TBG/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
67/TBG/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this