No image available for this title

CD-ROM

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TIPE II PADA MATERI PROTISTA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MA (MADRASAH ALIYAH) HIDAYATULLAH BAHAUR KABUPATEN PULANG PISAU



Latar belakang Peneliti melakukan penelitian ini berdasarkan hasil observasi terhadap guru Biologi kelas X MA Hidayatullah Bahaur tahun ajaran 2012/2013 menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya materi Protista masih sangat rendah, dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru hanya ceramah dan sedikit tanya jawab sehingga membuat siswa bosan. Hasil belajar yang rendah inilah mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw, sehingga dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw ini siswa dapat lebih semangat dan berimbas pada hasil belajar siswa akan meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini adakah pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw pada matari Protista terhadapa hasil belajar siswa? Sedangkan untuk tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA Hidayatullah tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri atas 80 siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu 40 siswa kelas XA dan 40 siswa kelas XB. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi dan tes yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen penelitan menggunakan test sebanyak 40 soal yang kemudian dibagi menjadi 2 yaitu 20 soal untuk Pre-test dan 20 soal untuk Pos-test dengan indikator yang sama untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw diperoleh nilai rata-rata Pre-test sebesar 29,50 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 70,00 terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 40,50. Kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional nilai Pre-test sebesar 30,87 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 63,37 terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 32,50. Peningkatan hasil belajar dilihat dari N-Gain kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,57 dan kelas kontrol memperoleh nilai 0,47 kedua nilai tersebut masuk dalam kategori sedang. Setelah dilakukan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus Anova pada program SPSS Versi 20 diperoleh sig 0,01 nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,01 ≤ 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada materi Protista, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.


Ketersediaan

69/TBG/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
69/TBG/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2X7.31
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this