No image available for this title

CD-ROM

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN KELAS VII DI SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA



Pendekatan pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dan tipe STAD adalah merupakan salah satu tipe pembelajaran yang dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai pembelajaran,hal ini akan melatih siswa untuk menerima pendapat orang lain bertukar pengalaman dan pengetahuan serta sikap bekerjasama untuk memecahkan suatu masalah,serta untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pendekatan Cooperative Learning tipe Jigsaw dan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pendekatan tipe STAD serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dan tipe STAD pada pokok bahasan keanekaragaman tumbuhan di SMP negeri 8 Palangka Raya.
Sampel penelitian ini adalah kelas VII-6 dan VII-7 di SMP negeri 8 Palangka Raya yang sama sama berjumlah 32 orang. Pada kedua sampel sama sama diajarkan materi keanekaragaman tumbuhan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dan tipe STAD, pada akhir pembelajaran diberikan tes akhir yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Instrumen yang digunakan berupa lembar kerja siswa,rencana pelaksanaan pembelajaran,tes soal-soal hasil belajar kognitif siswa dengan instumen tes berjumlah 50 butir soal pilihan ganda yang diujicobakan pada kelas VII-1. Dari hasil ujicoba didapat 26 butir soal yang dapat dipakai (valid) dan 24 butir soal yang gugur (tidak valid). Ujicoba soal meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; antara hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan tipe STAD pada pokok bahasan keanearagaman tumbuhan dikelas VII-6 dan VII-7 di SMP Negeri 8 Palangka Raya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan tipe STAD dengan T-hitung 2,270 < T-Tabel 3,10, dan nilai rata rata model pembelajaran Cooperative Learning tipe JIGSAW 6,35 Sedangkan nilai rata rata siswa model pembelajaran Cooperative learning tipe STAD 6,31.


Ketersediaan

70/TBG/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
70/TBG/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2X7.31
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this