No image available for this title

CD-ROM

PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG KONVEKSI DI PASAR KAHAYAN TRADISIONAL MODERN PALANGKA RAYA (STUDI KASUS TERHADAP 5 PEDAGANG KONVEKSI)



Penelitian ini memfokuskan pada penerapan etika bisnis Islam pedagang konveksi di pasar Kahayan Tradisional Modern Palangka Raya. Beranjak dari tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana transaksi akad jual beli pedagang konveksi di Pasar Kahayan Palangka Raya. (2) Bagaimana pelayanan pedagang konveksi di Pasar Kahayan Palangka Raya kepada pembeli. (3) Bagaimana kejujuran pedagang konveksi di Pasar Kahayan Palangka Raya kepada pembeli.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan meliputi informan kunci dan informan tambahan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan conclusion.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Transaksi akad jual beli yang dilakukan Hj. Nur, H. Dul, Hj. Idah, dan Hj. Lili pada dasarnya telah diterapkan dengan baik dari segi rukun dan syarat akad jual beli. Akan tetapi penerapannya kurang optimal karena kurang mengetahui konsep etika bisnis
Islam itu sendiri karena yang diketahui hanya melihat praktik jual beli yang masyarakat lakukan sehari-hari. Sedangkan Hj. Wida mengetahui tentang etika bisnis Islam baik secara teorinya dan praktiknya sehingga menerapkannya dengan optimal. (2) Etika bisnis yang dilakukan Hj. Nur, H. Dul, Hj. Idah, Hj. Lili dan Hj. Wida dalam melayani pembeli selalu melayani dengan berlaku sopan santun,
sabar, toleransi, berlaku adil, tanggung jawab, komunikatif. Sarana yang disediakan memadai seperti kipas angin, kursi, kamar pas, menjual minuman segar, pencahayaan yang terang, penataan barang yang dipajang juga bagus, rapi dan menarik untuk dilihat. Hal ini menggambarkan sosok pedagang yang ideal
dalam Islam karena konsepnya mengutamakan kenyamanan dan kepuasan pembeli. (3) Hj. Nur, H. Dul, Hj. Idah, Hj. Lili dan Hj. Wida dalam menerapkan etika bisnis dalam hal kejujuran apabila barang yang diperdagangkan terdapat cacat walaupun cacat itu tersembunyi maka harus disampaikan kepada calon pembeli secara terbuka (transparan), menepati janji/amanat, tidak ada unsur penipuan, tidak suka menimbun barang dan selalu berkata benar.


Ketersediaan

40/ESY/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
40/ESY/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x4.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this