Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN KALOR DI KELAS VII SEMESTER I DI MTSN 2 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2012/2013
Penggunaan media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi siswa dan membuat siswa lebih cepat dan mudah memahami dan mengerti terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan media animasi pokok bahasan kalor, (2) bagaimana ketuntasan siswa setelah pembelajran menggunakan media animasi pokok bahasan kalor, (3) bagaimana respon siswa setelah pembelajran menggunakan media animasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui pengelolaan pembelajaran dalam menggunakan media animasi pada pokok bahasan kalor ,(b) mengetahui ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan kalor setelah menggunakan media animasi, (c) mengetahui respon siswa setelah pembelajaran menggunakan media animasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan dari September sampai dengan Nopember 2012. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan tes hasil belajar (THB) kognitif siswa, dengan instrumen tes yang diambil dari Skripsi Norjolita jurusan tarbiyah prodi fisika STAIN palangka raya.
Sampel penelitian adalah kelas VII-C semester I MTsN-2 Palangka Raya (purposive sampling) dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Sampel diajarkan materi pokok bahasan kalor dengan menerapkan media animasi. Sampel diberikan tes pada akhir pembelajran setelah 3 kali pertemuan menggunakan media animasi untuk mengetahui tingakt ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Hasil peneitian menunjukkan bahwa : (1) Pengelolaan pembelajaran menunjukkan hasil dengan kategori cukup baik dengan rata-rata penilaian 3,08 (2) Siswa tuntas pada THB kognitif sebanyak 28 siswa dari 37 siswa (75,67% siswa tuntas). TPK tuntas sebanyak 21 TPK dari 28 TPK. (3) Respon siswa pada poin 1, sebanya 37 siswa persentase sebesar 100% siswa menyatakan senang selama mengikuti pembelajaran, 100% senang dengan materi pelajaran, siswa merasa senang dengan cara penyajian oleh guru sebesar 86,48%, 72,97% siswa menyatakan senang dengan suasana belajar, dan 91,89% menyatakan masih baru dengan adanya penggunaan media pada pembelajaran tersebut.
Ketersediaan
59/TFS/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
59/TFS/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 530
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Eka Sinta Wati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain