Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII-5 SEMESTER II MTsN I MODEL PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2012/2013
Telah dilakukan penelitian tentang Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII-5 semester II MTsN I Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) (3) Ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar (THB) kognitif sebanyak 50 soal yang telah divalidasi dosen ahli. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-5 MTsN 1 Model Palangka Raya yang berjumlah 40 siswa. Subyek diajarkan materi zat dan wujudnya dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Subyek diberikan tes akhir (post test) pada akhir pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Pengelolaan pembelajaran menggunakan pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pokok bahasan zat dan wujudnya pada RPP1 mendapat nilai 3,09 RPP2 3,23 RPP3 3,09 RPP4 3,29 didapat rata-rata 3,18 dengan kategori baik. (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada pokok bahasan zat dan wujudnya pada RPP1 mendapat nilai 3,48 RPP2 3,60 RPP3 3,62 RPP4 3,64 didapat rata-rata 3,59 dengan kategori baik. (3) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu terdapat 34 siswa yang tuntas dari 40 siswa yang mengikuti tes hasil belajar. Secara klasikal dikatakan tuntas, karena diperoleh 85% siswa tuntas sehingga memenuhi kriteria ketuntasan klasikal sebesar ≥85%. TPK kognitif yang tuntas sebanyak 28 TPK (85%) dari 33 TPK.
Ketersediaan
57/TFS/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
57/TFS/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 530.8
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Nur Chomsatun
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain