No image available for this title

CD-ROM

PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN-1 PANGKUT KECAMATAN ARUT UTARA KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT



Penggunaan evaluasi yang tepat, akan secara akurat dapat membantu bagaimana meningkatkan hasil dalam pencapaian sebuah tujuan. Ini menjadikan betapa pentingnya sebuah proses evaluasi. Tanpa adanya evaluasi tingkat keberhasilan tidak akan bisa diukur, apakah sudah mencapai terhadap tujuan yang sudah dirembukan ataukah tidak. Penerapan terhadap penggunaan evaluasi yang baik dan tepat tentu akan dapat secara tepat menemukan dimana tititk terlemah dari sebuah kegiatan yang dilaksanakan.
Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana teknik yang digunakan dalam Penilaian Berbasis Kelas di SDN-1 Pangkut Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat 2) Bagaimana Penerapan Penilaian Berbasis Kelas di SDN-1 Pangkut Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat.
Tujuan penelitian a) Untuk mendeskripsikan teknik yang digunakan dalam Penilaian Berbasis Kelas di SDN-1 Pangkut Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat. b) Untuk mendeskripsikan Penerapan Penilaian Berbasis Kelas di SDN-1 Pangkut Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat.
Penilaian menggunkan kualitatif, dengan subyek penelitian, guru Pendidikan Agama Islam Kelsa IV di SDN-1 Pangkut Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat. teknik pengumpulan data yang peneliti terapkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan analisis yaitu; 1) Data Colection (pengumpulan data), 2) Data Reduction (Pengurangan Data), 3) Data Display (Penyajian data), 4) Conclusion Drawing (Penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1). Teknik Penilaian Berbasis Kelas tersebut dilaksanakannya melalui beberapa tahap yakni: a) Diawali dengan pengumpulan atau pengarsipan sejumlah hasil pembelajaran peserta didik pada setiap kali pembelajaran; b) Dilanjutkan dengan pemeriksaan hasil pembelajaran; c) Pengelompokan hasil pembelajaran yang telah diperiksa; d) Untuk kemudian dilakukan pembelajaran ulangan bagi peserta didik yang dianggap belum atau kurang berhasil dalam pembelajaran, selain hasil proses diakhiri pembelajaran yang menjadi penilaian keaktifan, tingkah laku juga menjadi penilaian bagi guru. 2). Penerapan Penilaian Berbasis Kelas, yakni menilai hasil tes tertulis pada saat proses pembelajaran dan penilaian kumpulan hasil kerja, ulangan harian, tugas kelompok dan perorangan, ulangan semesteran dan kenaikan kelas peserta didik, penilaian keaktifan, tingkah laku kognitif, afektif maupun psikomotorik.


Ketersediaan

530/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
530/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.32
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this