Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUP HIJAIYAH SISWA KELAS II DALAM PEMBELAJARAN PAI ANTARA MENGGUNAKAN KARTU HURUF DAN TIDAK MENGGUNAKAN KARTU HURUF DI SDN PETAK BAHANDANG
Perbandingan adalah mempelajari atau menganalisa dua hal atau lebih untuk mencari kesamaan dan perbedaan- perbedannya.Kemampuan adalah kesanggupan, kecakapan yang mana dengan kesanggupan yang dimiliki tersebut, seseorang dapat melakukan tugas tertentu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.Sedangkan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah adalah kesanggupan , kecakapan yang mana dengan kesanggupan yang dimiliki tersebut, seseorang dapat mengenal huruf hijaiyyah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan membaca dan menulis Al – Qur’an merupakan hal penting bagi setiap muslim, terutama bagi peserta didik, karena pada setiap pembelajaran PAI akan selalu terkait dengan ayat – ayat Al – Qur’an. Untuk itu kegiatan kreatif guru sangat dibutuhkan dalam menyajikan materi misalnya dengan menggunakan kartu huruf. Untuk itulah maka peneliti ingin menilti tentang perbandingan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah dalam pembelajaran PAI antara yang menggunakan kartu huruf dan yang tidak menggunakan kartu huruf.
Untuk mengungkap bagaimana perbandingan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah siswa kelas II dalam pembelajaran PAI antara yang menggunakan kartu huruf dan yang tidak menggunakan kartu huruf di SDN Petak Bahandang, penelitian ini merumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyyah siswa kelas II SDN Petak Bahandang pada pembelajaran PAI dengan menggunakan kartu huruf, (2) Bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyyah siswa kelas II SDN Petak Bahandang pada pembelajaran PAI dengan tidak menggunakan kartu huruf. (3) Apakah ada perbedaan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah siswa kelas II SDN Petak Bahandang pada pembelajaran PAI antara menggunakan kartu huruf dengan tidak menggunakan kartu huruf. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, teknik tes, dokumentasi dan observasi yang kemudian dianalisis dengan Rumus Pengujian T atau T Test, karena peneliti ingin membandingkan dua sampel yang satu sama lain tidak ada hubungannya, apakaah kedua sampel itu memang terdapat perbedaan atau tidak.
Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa ; (1) Kemampuan mengenal huruf hijaiyyah siswa kelas II SDN Petak Bahandang yang menggunakan kartu huruf mendapatkan nilai rata – rata 8 termasuk dalam kategori baik. (2) Kemampuan mengenal huruf hijaiyyah siswa kelas II SDN Petak Bahandang yang tidak menggunakan kartu huruf mendapatkan nilai rata – rata 61,764 termasuk dalam kategori cukup. (3). Ada perbedaan yang siginfikan terhadap kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyyah antara yang menggunakan kartu huruf dan yang tidak menggunakan kartu huruf dengan nilai t0 sebesar 11,823 dan harga t tabel pada derajat bebas 32 diperoleh harga t tabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 2,04 dan taraf signifikan 1 % sebesar 2, 74.
Ketersediaan
534/PAI/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
534/PAI/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 2x7.32
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Sri Faridah
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain