Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SHIRATHUL JANNAH DESA BARU DUSUN SELATAN BARITO SELATAN
Pembelajaran Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang disajikan pada jenjang pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Tidak sedikit siswa berpandangan bahwa Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Disinilah ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih jauh tentang minat siswa dalam mempelajari bahasa arab khususnya di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Shirathul Jannah Desa Baru Dusun Selatan Barito Selatan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab; dan 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Shirathul Jannah Desa Baru Dusun Selatan Barito Selatan? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab; dan 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Shirathul Jannah Desa Baru Dusun Selatan Barito Selatan.
Penelitian ini terdiri dari pendekatan data kualitatif dan kuantitatif, Objek penelitian ialah minat belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Shirathul Jannah Desa Baru Dusun Selatan Barito Selatan pada mata pelajaran Bahasa Arab. Sedangkan subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV MI Shirathul Jannah Desa Baru Dusun Selatan Barito Selatan yang juga sebagai informan pendukung dan informan kunci guru Mata Pelajaran Bahasa Arab. Adapun teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan 4 tahapan yaitu Collection Data, Reduction Data, Display Data dan Conclusion Data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab kelas IV berdasarkan indikator-indikator keaktifan kehadiran siswa kategori tinggi. Perhatian siswa pada saat pelajaran bahasa arab mencapai 79,83% termasuk kategori tinggi. Seringnya siswa bertanya saat pelajaran bahasa arab yaitu 19 orang atau 61,29%, termasuk kategori tinggi. Sedangkan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas mencapai 77,41% termasuk kategori tinggi. 2) Faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam mata Pelajaran Bahasa Arab dilihat dari; 1) kesadaran siswa akan pentingnya pelajaran Bahasa Arab cukup tinggi karena adanya rasa senang siswa dalam pelajaran bahasa arab. 2) Penguasaan guru terhadap materi pelajaran dapat dilihat dari kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran seperti kesiapan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus mata pelajaran bahasa arab. 3) Penguasaan guru terhadap metode mengajar setidaknya ada tiga metode dalam mempelajari bahasa arab yang diajarkan yaitu membaca, menulis dan menghafal. 4) Fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia kurang menunjang dalam pembelajaran bahasa arab.
Ketersediaan
550/PAI/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
550/PAI/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 2x7.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Sumiati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain