No image available for this title

CD-ROM

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI-1 PETAK BAHANDANG KECAMATAN TASIK PAYAWAN KABUPATEN KATINGAN



Tujuan penelitian ini adalah a) Untuk mendeskripsikan kompetansi guru kelas dalam menggunakan media pembelajaran di Sekolah dasar Negeri-1 Petak Bahandang. b) Untuk mendeskripsikan kompetnsi guru dalam melakukan penilaian di Sekolah dasar Negeri-1 Petak Bahandang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian guru kelas I, kelas II, dan guru kelas III Sekolah Dasar Negeri-1 Petak Bahandang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) tahapan analisis yaitu; 1) Data Reduction (Pengurangan data) 2) Data Display (Penyajian data), 3 Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan).
Hasil penelitian ini adalah: 1. Kompetensi Guru Kelas Dalam Menggunakan Media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri-1 Petak Bahandang dengan hasil sebagai berikut: Guru kelas I menggunakan media pembelajaran dengan memilih media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. adalah sebelum saya mengggunakan media pembelajaran cara yang digunakan adalah memilih/menentukan media yang mudah didapat, ada relevansinya terhadap tujuan pembelajaran, mempunyai daya tarik bagi siswa, tidak memerlukan waktu yang banyak media yang akan digunakan dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa pada saat proses belajar berlangsung. Cara guru kelas I mengggunakan media pembelajaran dengan memilih media yang sesuai dengan kemampuan siswa medianya bersifat nyata seperti media gambar orang yang sedang melakukan gerakan wudhu, shalat. Media tersebut tentu dapat dilihat serta mudah dipahami serta dapat didemonstrasikan siswa. Media tersebut sesuai dengan taraf berfikir sisswa sesuai dengan kemampuannya. Cara guru kelas II dalam menentukan media sesuai dengan materi pembelajaran adalah cara yang dilakukan adalah dengan cara memeilih/menentukan terlebih dahulu media yang akan digunakan tentunya media itu nyata seperti sajadah, mukena gambar yang dapat dilihat sehingga siswa dapat melihat dan siswa dapat memperoleh gambaran yang jelas terhadap materi yang diajarkan. Cara guru kelas III menggunakan media yaitu media tersebut tidak terlalu banyak seperti gambar/poster yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Misalnya materi shalat, media yang digunakan adalah selain buku paket juga menggunakan foster atau gambar orang yang sedang melakukan shalat.. 2. Kompetensi guru kelas dalam penilaian di Sekolah Dasar Negeri-1 Petak Bahandang. Guru kelas I cara yang dilakukan dalam penilaian terhadap siswa yaitu dengan cara memberikan latihan setiap akhir pelajaran dengan membuat beberapa soal sesuai materi pelajaran yang telah diajarkan. Penilaian itu bisa juga dilakukan dengan mengadakan ulangan harian yang dilakukan setelah habis pada tiap sub pokok bahasan. Hasil ulangan tersebut untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Cara guru kelas II memberikan latihan setiap akhir pelajaran dengan membuat beberapa soal sesuai materi pelajaran yang telah diajarkan. Guru kelas III dalam melakukan penilaian pertama penilaian itu melalui latihan, ulangan harian, ulangan umum ditambah dengan nilai keseharian siswa baik mengenai kerajinan dalam proses belajar mengajar.


Ketersediaan

559/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
559/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this