No image available for this title

CD-ROM

TEKNIK GURU DALAM MELAKUKAN EVALUASI ASPEK AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 5 MENTENG PALANGKA RAYA



Pelaksanaan teknik evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI merupakan salah satu aspek penting, karena dapat menggambarkan apa yang dapat dilakukan oleh siswa, dan hal itu sudah sesuai dengan tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI. Untuk mengetahui sikap atau tingkah laku tersebut perlu dilakukan evaluasi untuk aspek afektif. Teknik apa dan bagaimana cara pelaksanaan guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI, menarik untuk diteliti.
Permasalahan penelitian; 1)Bagaimana cara guru dalam melakukan teknik evaluasi aspek afektif, 2) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif padamata pelajaran PAI. Dengan tujuan untuk mengetahui teknik yang diterapkan guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif dan cara pelaksanaan evaluasi aspek afektif serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melakukan teknik evaluasi aspek afektif tersebut.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, subyek penelitian 2 orang guru PAI dan sebagai informan adalah pengawas atau kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan wawancara serta teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan analisis yaitu; 1) Data Collection (pengumpulan data), 2) Data Reduction (pengurangan data), 3) Data Display (penyajian data), 4) Conclusion(penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI adalah : Pertama,teknik yang digunakan teknik nontes berupa observasi yaitu menggunakan alat berupa check list atau daftar cek pada saat materi praktek sholat dan bacaan-bacaan sholat. Adapun daftar cek yang digunakan terbagi dalam criteria SB(sangatbaik) dengan nilai 9-10, B(baik) dengan nilai 7-8, C(cukup) dengan nilai 6-6,5. K(kurang) dengan nilai 5-5,5. Dan SK (sangat kurang) dengan nilai 4. Semua nilai aspek afektif dijadikan satu dengan penilaian aspek kognitif maupun psikomotorik, guna memberikan nilai akhir kepada para siswa, walaupun tidak semua teknik nontes digunakan oleh guru. Cara pelaksanaan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI dengan observasi langsung terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam merespons maupun menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru, tanpa harus menguji peserta didik. Kedua, kendala guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI dikarenakan guru tidak menggunakan teknik evaluasi nontes aspek afektif secara keseluruhan, disebabkan guru merasa kesulitan bila harus menggunakan semua teknik nontest tersebut. Terlebih lagi penilaian aspek afektif tersebut siswa kurang berkonsentrasi pada saat belajar, serta guru kurang memperhatikan sikap atau tingkah laku siswa pada saat evaluasi pembelajaran PAI.


Ketersediaan

563/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
563/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this