Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V SEMESTER II MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KERENG BANGKIRAI KOTA PALANGKA RAYA ABSTRAK
Setiap mata pelajaran memerlukan strategi untuk disampaikan, agar apa yang diajarkan dapat diterima, dimengerti, dan diamalkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran memerlukan perencanaan yang baik yang akan menghasilkan bentuk kegiatan yang baik pula, begitu juga pelaksanaan yang baik akan memudahkan guru untuk menyampaikan dan juga memudahkan siswa untuk memahami apa yang diajarkan oleh guru, pada akhirnya akan menghasilkan anak yang berprilaku dan bersikap lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran akidah akhlak siswa kelas V Semester II MIN Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya, 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas V Semester II MIN Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya, 3. Kriteria-kriteria apa saja yang diterapkan dalam menilai pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas V Semester II MIN Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan masalah-masalah perencanaan, pelaksanaan dan penilaian di kelas V semester II MIN Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya.
Tempat penelitian ini berlokasi di MIN Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya dengan subjek penelitian guru mata pelajaran akidah akhlak kelas V, informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan tata usaha MIN Kereng Bangkirai. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik obervasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengabsahan data menggunakan triagulasi. Teknik analisis data meliputi : pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1. Perencanaan yang dilakukan oleh guru akidah akhlak sudah cukup baik. Adapaun yang menjadi perencanaan strategi pembelajaran akidah akhlak meliputi memilih materi, mengumpulkan bahan, menentukan metode serta media.2. Pelaksanaan pembelajaran juga cukup baik. Adapun pelaksanaannya meliputi kegiatan pembuka, inti, dan penutup.3. Kriteria penilaian yang digunakan oleh guru dalam mengukur prestasi siswa mengacu pada acuan kriteria dan prinsip-prinsip penilaian yang ada.
Ketersediaan
545/PAI/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
545/PAI/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 2x7.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Umi Triyaningsih
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain