Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
ETIKA BISNIS PEDAGANG MUSLIM SUKU BANJAR DI SAMUDA
Etika bisnis Islam adalah sistem aturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis mengenai bagaimana seharusnya dalam menjalankan kegiatan usaha dan mencapai tujuan. Namun dalam praktek bisnis para pedagang muslim secara global lebih mementingkan keuntungan materi semata dengan mengenyampingkan aspek-aspek nilai syar’i yang seharusnya dilakukan. ketidakpuasan konsumen terhadap pelayanan terhadap harga barang yang menurut mereka melampaui batas kewajaran. Hal ini menjadi kesenjangan antara nilai-nilai syar’i dengan perilaku pasar itu sendiri.
Melalui penelitian ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui etika bisnis pedagang muslim suku Banjar Di Samuda, yaitu (1) Mendeskripsikan etika bisnis pedagang muslim suku Banjar di Samuda dalam menetapkan harga barang; (2) Mendeskripsikan etika bisnis pedagang muslim suku Banjar di Samuda dalam memasarkan barang; (3) Mendeskripsikan etika bisnis Islam pedagang muslim suku Banjar di Samuda dalam pelayanan terhadap konsumen.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif dan pendekatan normatif. Sumber data yang digunakan meliputi: informan kunci dan informan tambahan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display, dan conclusion.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Etika pedagang suku Banjar di Samuda dalam menetapkan harga sangat sesuai dengan etika bisnis Islam, diketahui bahwa selama proses dalam menetapkan harga, tidak adanya unsur kedzaliman atau penipuan yang berakibat pada dirugikannya salah satu pihak baik itu pembeli maupun penjual; (2) Etika pedagang suku Banjar di Samuda dalam proses pemasaran diketahui barang yang menjadi prinsip utama bagi pedagang Banjar 6 aspek, yaitu kejujuran, rajin/gigih, optimis, loyalitas konsumen, bersaing sehat/sportif, teladan Rasulullah dan tawakal, adapun bentuk pemasaran di antaranya adalah promosi secara langsung (direct promotion), loyalitas merek prioritas barang yang berkualitas, perluasan relasi; (3) Etika pedagang Samuda dalam melayani konsumennya selalu bersikap jujur dan dapat dipercaya, sabar, rendah hati / bertutur lembut, dan adil terhadap semua pelanggan. Hal ini menggambarkan sosok pedagang yang ideal dalam Islam.
Ketersediaan
28/ESY/12 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
28/ESY/12
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2012 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 2x6.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Muhammad Ma'ruf
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain