No image available for this title

CD-ROM

PREFERENSI NASABAH NON-MUSLIM TERHADAP BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palangka Raya)



Hadirnya Bank Syariah Mandiri di kota Palangka Raya pada pertengahan tahun 2010 sebagai bank yang mendampingi Bank Muamalat Indonesia cabang Palangka Raya yang menggunakan prinsip syariah, membuat pemasaran Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Propinsi Kalimantan Tengah, khususnya di kota Palangka Raya semakin dilirik oleh masyarakat yang notabene jumlah penduduknya 67% beragama muslim dan 33% beragama non-muslim. Terhitung sejak diresmikan dan dibukanya Bank Syariah Mandiri cabang Palangka Raya sejak tahun 2010 hingga sekarang, maka persentase yang menjadi nasabah terbanyak adalah nasabah yang beragama non-muslim yakni 70% nasabah non muslim dan 30% nasabah muslim. Yang menjadi pertanyaannya adalah, mengapa banyak masyarakat non-muslim yang cenderung memilih bertransaksi di Bank Syariah Mandiri Palangka Raya dari pada yang muslim, dan ada apa sebenarnya?. Atas dasar latar belakang tersebut, maka penulis sangat tertarik ingin menjawab pertanyaan itu dengan melakukan penelitian yang berfokus pada, Preferensi Nasabah Non-muslim Terhadap Bank Syariah Mandiri (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palangka Raya).
Untuk mengkaji masalah, yaitu: 1. Bagaimana preferensi nasabah non-muslim terhadap Bank Syariah Mandiri? 2. Bagaimana tanggapan nasabah non-muslim terhadap produk Bank Syariah Mandiri? 3. Faktor apa saja yang mendorong nasabah non-muslim cenderung memilih bertransaksi di Bank Syariah Mandiri?. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah: 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana preferensi nasabah non-muslim terhadap Bank Syariah Mandiri. 2. Untuk mengetahui bagaimana tanggapan nasabah non-muslim terhadap produk Bank Syariah Mandiri, dan 3. Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong nasabah non-muslim sehingga cenderung memilih bertransaksi di Bank Syariah Mandiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Data diperoleh dari informasi nasabah non-muslim yang menjadi subjek penelitian sebanyak 6 orang dan informan sebanyak 3 orang. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data secara kualitatif dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa preferensi nasabah non-muslim terhadap Bank Syariah Mandiri adalah Preferensi nasabah non-muslim terhadap Bank Syariah Mandiri cabang Palangka Raya adalah karena pelayanan karyawan bank itu sendiri yang baik dan ramah, kelengkapan fasilitas yang disediakan banknya, antrian yang tidak banyak seperti bank lain, dan keuntungan yang didapatkan nasabah baik keuntungan bagi hasil maupun keuntungan margin pembiayaan yang relatif lebih kecil, serta keuntungan pembayaran angsuran pembiayaannya yang tidak mengalami kenaikan (tetap) hingga sampai jatuh tempo pelunasan. Tanggapan nasabah non-muslim terhadap produk Bank Syariah Mandiri cabang Palangka Raya adalah biasa-biasa saja karena hampir sama dengan produk bank lain, bagus, memudahkan dan menguntungkan karena adanya bagi hasil yang didapatkan dari tabungan walaupun relatif kecil, dan kecilnya margin pembiayaan yang diambil oleh bank tersebut dari uang pembiayaan kepada nasabah serta karena pembayaran angsuran pembiayaannya yang tetap. Ada dua faktor yang mendorong nasabah non-muslim cenderung memilih bertransaksi di Bank Syariah Mandiri cabang Palangka Raya yaitu, faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya yaitu faktor lembaga perusahaan atau bank yang terdiri dari pelayanan karyawannya yang baik dan ramah, kelengkapan fasilitas yang disediakan bank dan kenyamanan nasabah karena antrian yang tidak banyak seperti bank lain. Dan faktor internalnya yaitu faktor kebutuhan konsumen atau nasabah yang terdiri dari keuntungan yang didapatkan, baik keuntungan bagi hasil untuk nasabah penabung maupun keuntungan margin pembiayaan yang relatif kecil serta angsuran yang tetap untuk nasabah pembiayaan, serta karena adanya kebutuhan, baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan keluarga.


Ketersediaan

29/ESY/12Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
29/ESY/12
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x6.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this