Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(Student Teams Achievemen Division)PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII MTs 2 PALANGKA RAYA
Model pembelajaran picture and picture merupakan salah satu model yang digunakan untuk membantu siswa mengingat gambar yang telah mereka perhatikan, sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara hiterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran kooperaatif tipe STAD dan mengukur perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksprimen dengan membandingkan dua kelas atau kelompok yaitu kelas yang diajarkan dengan model picture and picture, dan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1.) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and piicture pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia di kelas VIII MTsN 2 Palangka Raya menunjukan adanya kenaikan yang tinggi atau berada pada kualifikasi cukup signifikan, karena diperolehnya skor normalized gain sebesar 0,73 yang besarnya berkisar antara g ≤ 0,70 kategori tinggi. 2.) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia di kelas VIII Matahari MTsN 2 Palangka Raya berada pada kualifikasi sedang, karena diperolehnya skor normalized gain sebesar 0,56 yang besarnya berkisar antara 0,30 ≤ g < 0,70; 3.)Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pelajaran biologi dengan Thitung 4,96 > Ttabel 3,70.
Ketersediaan
45/TBG/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
45/TBG/13
|
Penerbit | STAIN : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 612.2
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Hafiz Ansari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain