No image available for this title

CD-ROM

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(Student Teams Achievemen Division)PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII MTs 2 PALANGKA RAYA



Model pembelajaran picture and picture merupakan salah satu model yang digunakan untuk membantu siswa mengingat gambar yang telah mereka perhatikan, sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara hiterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran kooperaatif tipe STAD dan mengukur perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksprimen dengan membandingkan dua kelas atau kelompok yaitu kelas yang diajarkan dengan model picture and picture, dan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1.) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and piicture pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia di kelas VIII MTsN 2 Palangka Raya menunjukan adanya kenaikan yang tinggi atau berada pada kualifikasi cukup signifikan, karena diperolehnya skor normalized gain sebesar 0,73 yang besarnya berkisar antara g ≤ 0,70 kategori tinggi. 2.) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia di kelas VIII Matahari MTsN 2 Palangka Raya berada pada kualifikasi sedang, karena diperolehnya skor normalized gain sebesar 0,56 yang besarnya berkisar antara 0,30 ≤ g < 0,70; 3.)Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pelajaran biologi dengan Thitung 4,96 > Ttabel 3,70.


Ketersediaan

45/TBG/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
45/TBG/13
Penerbit STAIN : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 612.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this