No image available for this title

CD-ROM

PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION PADA KONSEP GAYA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTsN 2 PALANGKA RAYA



Telah dilakukan penelitian tentang Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction pada konsep gaya siswa kelas VIII semester II MTsN 2 Palangka Raya tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan pembelajaran fisika dikelas VIII MTsN 2 Palangka Raya pokok bahasan gaya pada saat menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction, (2) Aktivitas siswa kelas VIII MTsN 2 Palangka Raya pada pokok bahasan gaya saat menggunaklan pendekatan Interactive Conceptual Instruction, (3) Hasil belajar kognitif siswa kelas VIII MTsN 2 Palangka raya pada mata pelajaran fisika pokok bahasan gaya sesudah menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar (THB) kognitif siswa, dengan instrumen tes berjumlah 40 butir soal pilihan ganda dengan 4 option yang diuji cobakan pada kelas VIII-C MTsN 2 Palangka Raya. Hasil uji coba THB kognitif
40 soal dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda diperoleh 28 soal yang dipakai dan 12 soal tidak digunakan.
Sampel penelitian dengan teknik purposive sampling adalah kelas VIII-D semester II MTsN 2 Palangka Raya sejumlah 36 orang. Pada sampel diajarkan pokok bahasan gaya dengan menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction, pada akhir embelajaran sampel diberikan tes akhir yang bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Pengelolaan pembelajaran menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction pokok bahasan gaya diperoleh nilai rata-rata 3,53 dengan kategori baik. (2) Aktivitas siswa saat menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction pokok bahasan gaya diperoleh nilai rata-rata 3,61 dengan kategori baik.(3) Hasil belajar siswa secara individu terdapat 28 siswa yang tuntas dari 36 siswa yang mengikuti tes hasil belajar. TPK yang tuntas sebanyak 18 TPK atau 78,26% dari 23 TPK.


Ketersediaan

55/TFS/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
55/TFS/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this