No image available for this title

CD-ROM

PENERAPAN MEDIA ALAT PERAGA DALAM BENTUK DEMONSTRASI MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII-D SEMESTER I MTs DARUL ULUM PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013



Media adalah alat yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dan merangsang pikiran, kemajuan audiens (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar. Alat peraga adalah alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar siswa lebih efektif dan efisien. Adapun yang jadi rumusan masalah (1) Bagaimana pengelolaan pembelajaran menggunakan media alat peraga dalam bentuk demostrasi pada materi pokok Zat dan Wujudnya? (2) Bagaimana ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media alat peraga dalam bentuk demonstrasi pada materi pokok Zat dan Wujudnya? Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui pengelolaan pembelajaran menggunakan media alat peraga dalam bentuk demonstrasi pada materi pokok zat dan wujudnya. (b) mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media alat peraga dalam bentuk demonstrasi pada materi pokok zat dan wujudnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan dari tanggal 19 September sampai dengan 10 Nopember 2012. Populasi penelitian ini adalah kelas VII semester I MTs Darul Ulum Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel penelitian yaitu kelas VII-D dengan menggunakan teknik porposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan tes hasil belajar kognitif siswa.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa, hasil analisis soal uji coba instrumen dari 50 soal yang dites terdapat 32 soal yang memenuhi kriteria untuk dijadikan soal tes hasil belajar dengan tingkat realibilitas 0,85.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan dari tanggal 19 September sampai dengan 10 Nopember 2012. Populasi penelitian ini adalah kelas VII semester I MTs Darul Ulum Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel penelitian yaitu kelas VII-D dengan menggunakan teknik porposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan tes hasil belajar kognitif siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, hasil analisis soal uji coba instrumen dari 50 soal yang dites terdapat 32 soal yang memenuhi kriteria untuk dijadikan soal tes hasil belajar dengan tingkat realibilitas 0,85.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media alat peraga dalam bentuk demonstrasi rata-rata untuk semua aspek yang diamati diperoleh nilai 2,95 dengan kategori cukup baik. Siswa tuntas pada THB kognitif sebanyak 31 siswa tuntas (86,11%) dan sebanyak 5 siswa tidak tuntas (13,89%) dari 36 siswa yang mengikuti tes akhir. Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Khusus diperoleh 13 TPK yang tuntas (68,44%) dari 15 TPK.


Ketersediaan

60/TFS/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
60/TFS/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this