No image available for this title

CD-ROM

KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DALAM MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS PADA SISWA KELAS II A MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NAHDLATUL ‘ULAMA KOTA PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013



Kemampuan dan keterampilan dalam menulis Al-Quran dan Hadits adalah menjadi salah satu bagian dari penguasaan yang harus imiliki peserta didik. Pembelajaran menulis Al-Quran dan Hadits yang dimulai sejak dini diharapkan akan memberikan hasil yang lebih baik. Untuk menjembatani itu, diperlukan upaya yang serius dari guru agar anak didiknya mampu dan terampil dalam menulis Al-Quran dan Hadits dengan benar, tepat, dan rapi.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Kemampuan menulis huruf hijaiyah dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa kelas II A Madrasah Ibtidaih swasta Nahdlatul ‘Ulama Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Tujuan utama penelitian skripsi ini adalah (a) untuk mengetahui kemampuan menulis huruf hijaiyah secara tunggal dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa kelas II A Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdlatul ‘Ulama Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013; (b) untuk mengetahui kemampuan menulis huruf hijaiyah secara bersambung dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdlatul ‘Ulama Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data-data yang diperlukan adalah dengan teknik tes, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian kuantitatif dilakukan sebagai berikut: 1. Mengubah skor kemampuan menulis huruf hijaiyah dengan persentase koreksi, 2. Mencari nilai rata-rata kemampuan menulis huruf hijaiyah, 3. Menafsirkan kemampuan siswa dalam menulis huruf hijaiyah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1. Kemampuan menulis huruf hijaiyah secara tunggal dalam mata pelajaran Al- Quran Hadits pada siswa kelas II A MIS Nahdlatul ‘Ulama Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013, termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 61,75 %.
2. Kemampuan menulis huruf hijaiyah secara bersambung dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa kelas II A MIS Nahdlatul ‘Ulama Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013, termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 49,42 %.


Ketersediaan

521/PAI/12Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
521/PAI/12
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.31
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this