Image of Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor : Konsep dan Aplikasi / Supardi

Text

Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor : Konsep dan Aplikasi / Supardi



Judul : Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor : Konsep dan Aplikasi
Penulis : Supardi
Edisi : Edisi 1 Cetakan 1
Penerbit : Rajawali Pers
Deskripsi Fisik : xx, 318 hlm.; 23 cm.
ISBN : 9789797698867

Abstrak Informatif :
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perencanaan maupun pelaksanaan proses pembelajaran guru. Agar penilaian dapat dilaksanakan dengan baik perlu dilakukan secara autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan, proses dan keluaran pembelajaran.
Penilaian autentik dilakukan untuk mengukur kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan maupun kompetensi keterampilan. Implementasi penilaian autentik bertujuan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan secara terintegrasi.
Buku ini menguraikan penilaian autentik pembelajaran afektif, kognitif dan psikomotor mulai dari pembuatan dan uji instrumen, penskoran, konversi nilai dan laporan hasil penilaian dan penetapan kriteria ketuntasan minimum secara teoretik maupun implementasi.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 14 bab yang mencakup bab 1 tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi hasil belajar; bab 2 penilaian autentik; bab 3 instrumen penilaian pembelajaran afektif dan psikomotor; bab 4 instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif; bab 5 pembuatan dan penyusunan instrumen penilaian; bab 6 analisis butir instrumen penilaian tes; bab 7 validitas dan reliabilitas butir instrumen penilaian; bab 8 penilaian autentik hasil pembelajaran afektif; bab 9 penilaian autentik hasil pembelajaran kognitif; bab 10 penilaian autentik hasil pembelajaran psikomotor; bab 11 pemeriksaan, pemberian skor dan konversi nilai ke dalam standar penilaian; bab 12 penetapan nilai akhir, laporan hasil belajar, rangking dan profil prestasi belajar peserta didik; bab 13 instrumen penilaian autentik dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan pembahasan ditutup pada bab 14 kriteria ketuntasan minimum.
Kata Kunci : Penilaian Hasil Belajar, Kognitif, Afektif, Psikomotor.



Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, data koleksi eksemplar, klasifikasi, nomor panggil dan tajuk subjek.


Ketersediaan

160053504U 370.152 301 Sup pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
160053503U 370.152 301 Sup pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
160053506U 370.152 301 Sup pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
160053500U 370.152 301 Sup pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
160053501U 370.152 301 Sup pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
160053502U 370.152 301 Sup pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 370.152 301 Sup p
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 318 hlm.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797698867
Klasifikasi
370.152 301
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this