Detail Cantuman
Advanced Search
Text
Efektivitas Pembelajaran : Pola Pendidikan Sistem Ganda / Ahim Surachim
Abstrak Informatif :
Perubahan pembelajaran di SMK dari pola lama yang biasa dilakukan (Conventional) ke pola pendidikan sistem ganda (Dual responsibility), pada dasarnya merupakan suatu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran agar tujuan dapat dicapai secara terstandar. Antara lain dilakukan dengan mengubah perilaku/kebiasaan mengajar guru sebagai penguasa kelas agar adaptif dengan tuntutan perubahan pembelajaran, serta ketersediaan fasilitas sebagai alat bantu pembelajaran.
Efektivitas pembelajaran tercermin dari konstribusi masing-masing pihak yang terlibat, yaitu pendidik sebagai fasilitator pembelajaran, kemampuan dan motivasi peserta didik dalam belajar, serta penggunaan fasilitas yang bisa memperlancar proses pembelajaran, mencerminkan kerjasama yang sinerjik antara pendidik, peserta didik, dan sumber belajar sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing, mencerminkan peran masing-masing komponen yang terintegrasikan dalam suatu sistem, sehingga secara nyata menunjukkan kebermaknaan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
SMK sebagai institusi pendidikan yang dipercaya pemerintah dan masyarakat harus efektif menghasilkan lulusan/tenaga kerja sesuai dengan tuntutan perubahan kebutuhan, tenaga kerja berkualitas seperti yang diinginkan masyarakat dan dunia kerja khususnya. Pendidikan sistem ganda di SMK harus mencerminkan layanan pembelajaran yang sesuai dengan harapan masyarakat, secara terstandar memenuhi perkembangan kebutuhan dunia kerja. Efektivitas pendidikan sistem ganda adalah upaya menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan kerja sesuai dengan bidang keahlian yang diminatinya, suatu pembelajaran yang secara dinamis merujuk kepada perubahan/perkembangan kebutuhan tenaga kerja.
Pola pendidikan sistem ganda sebagai alternatif pembelajaran di SMK dituntut efektif menghasilkan lulusan yang siap bersaing memasuki dunia kerja, memenangkan persaingan untuk mengisi berbagai lowongan pekerjaan.
Buku ini terdiri dari 5 bab pembahasan, yang meliputi bab 1 pendahuluan yang membahas secara tuntas tentang pembelajaran pola pendidikan sistem ganda ; bab 2 berbicara tentang efektivitas pembelajaran pola pendidikan sistem ganda di SMK; bab 3 membahas tentang penelitian : efektivitas pelaksanaan pendidikan sistem ganda di SMK; bab 4 tentang hasil penelitian dan pembahasannya dan pembahasan terakhir pada bab 5 yang berisi kesimpulan dan saran.
Kata Kunci : Pendidikan, Penelitian Pendidikan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Ketersediaan
170056916 | U 371.342 Ahi e | Perpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
U 371.342 Ahi e
|
Penerbit | Alfabeta : Bandung., 2016 |
Deskripsi Fisik |
xviii, 254 hlm.; 23 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
9786022892229
|
Klasifikasi |
371.342
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Cet. 1
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Ahim Surachim
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain