Image of Sistem Penemuan Hukum Dalam Masyarakat Prismatik / Siti Malikhatun Badriyah

Text

Sistem Penemuan Hukum Dalam Masyarakat Prismatik / Siti Malikhatun Badriyah



Judul : Sistem Penemuan Hukum Dalam Masyarakat Prismatik
Penulis : Siti Malikhatun Badriyah
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Sinar Grafika : Jakarta, 2016.
Deskripsi Fisik : xi.; 203 hlm.; 23 cm.
ISBN : 9789790076587

Abstrak Informatif :

Peraturan perundang-undangan tidak mungkin dapat mencakup segala segi kehidupan masyarakat dengan lengkap dan jelas karena begitu luas dan banyaknya serta senantiasa berubah. Untuk mengubah atau mengganti peraturan tentu bukan pekerjaan yang mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sementara itu masyarakat bersifat dinamis, selalu berkembang dengan cepat apalagi pada era globalisasi seperti sekarang ini. Terlebih pada masyarakat prismatik seperti Indonesia, dengan beraneka ragam budaya dan nilai-nilai yang berkembang di dalamnya serta adanya globalisasi yang mengakibatkan berbagai pengaruh sistem hukum lain.
Oleh karena itu, seorang penegak hukum dalam hal ini hakim sebagai aktor inti dalam penegakkan hukum di pengadilan termasuk hukum kontrak dituntut untuk dapat melakukan berbagai upaya untuk menggali dan menemukan hukum. Hal ini karena pada dasarnya di dalam masyarakat selalu ada hukum (ubi societas ibi ius). Upaya untuk menggali dan menemukan hukum inilah yang dinamakan penemuan hukum (rechtsvinding).
Sebagai bahan referensi, buku ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi para penegak hukum, dosen dan mahasiswa serta masyarakat pada umumnya. Pembahasan buku ini terdiri dari 8 bab, yang meliputi bab 1 pendahuluan, bab 2 sistem penemuan hukum; bab 3 keadilan sebagai dambaan dan landasan penegakkan hukum; bab 4 penemuan hukum pada era transisi; bab 5 implikasi pembaruan hukum nasional terhadap peran hakim dalam penemuan hukum (rechtsvinding); bab 6 penemuan hukum sebagai upaya mewujudkan keseimbangan kontrak/perjanjian; bab 7 jaminan fidusia suatu penemuan hukum dalam hukum jaminan dan terakhir pembahan pada bab 8 penutup.
Kata Kunci : Hukum, Hukum Jaminan, Penemuan Hukum (Rechtsvinding)


Ketersediaan

170056927U 345.121 858 Sit sPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 345.121 858 Sit s
Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xi.; 203 hlm.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789790076587
Klasifikasi
345.121 858
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this