Image of Fiqih Jual Beli / Enang Hidayat

Text

Fiqih Jual Beli / Enang Hidayat



Judul : Fiqih Jual Beli
Penulis : Enang Hidayat
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Remaja Rosdakarya : Bandung, 2015.
Deskripsi Fisik : x, 254 hlm.; 24 cm.
ISBN : 9789796926581

Abstrak Informatif :

Jual beli adalah salah satu materi dalam fiqih muamalah, yang ada kaitannya dengan pertukaran harta. Materi ini merupakan bahasan terpanjang yang dikaji oleh para ulama, dibandingkan dengan materi fiqih muamalah lainnya., bahkan bahasannya juga selalu ditempatkan diawal. Hal ini menunjukkan bahwa jual beli merupakan bahasan yang harus mendapatkan perhatian serius dari umat Islam, karena sejak dahulu sampai sekarang manusia selalu mempraktikkannya. Bahkan dalam muamalah, jual beli terdapat prinsip dasar keharaman, yang oleh para ulama dikembalikan kepada tiga kaidah, yaitu kaidah gharar (ketidakjelasan), kaidah ghasysyi (tipu daya) dan kaidah riba. Diantara ketiga kaidah tersebut, kaidah gharar merupakan prinsip yang utama, karena dengan memahami konsep gharar semua masalah yang timbul dalam muamalah jual beli dapat dipecahkan.
Namun demikian, kenyataan di lapangan masih menunjukkan bahwa masyarakat belum memahami pentingnya bermuamalah jual beli secara baik menurut Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena selain kurangnya pengetahuan tentang jual beli yang baik menurut ajaran Islam, juga karena mayoritas buku-buku tentang jual beli yang ada tidak membahas secara khusus tentang muamalah jual beli, sehingga pengetahuan tentang jual beli tidak mendalam. Selain itu jikapun ada yang mendetail membahas tuntas jual beli hanya terdapat dalam kitab aslinya yang berbahasa Arab sehingga hanya sedikit yang mengerti. Oleh karena itu dengan adanya buku ini, diharapkan menjadi alternatif bacaan bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan mendalami serta mempraktikkan jual beli secara benar menurut konsep ajaran Islam. Buku ini juga bisa menjadi landasan pengetahuan jual beli kontemporer, yang akhir-akhir ini semakin marak dipraktikkan di masyarakat.
Dalam pembahasannya buku ini terdiri dari 5 bab pembahasan, yang mencakup bab 1 pendahuluan; bab 2 konsep jual beli dalam Islam; bab 3 kaidah fiqih yang berhubungan dengan jual beli; bab 4 jual beli yang dilarang dalam Islam dan terakhir pembahasan pada bab 5 jual beli yang diperdebatkan keharamannya.
Kata Kunci : Hukum Islam, Khiyar, Gharar.


Ketersediaan

170057031U 2X4.21 Ena fPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180059853U 2X4.21 Ena fPerpustakaan IAIN Palangka Raya (lantai 2)Tersedia
180059865U 2X4.21 Ena fPerpustakaan IAIN Palangka Raya (lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X4.21 Ena f
Penerbit Remaja Rosdakarya : Bandung.,
Deskripsi Fisik
x, 254 hlm.; 24 cm.
Bahasa
Arab - Indonesia
ISBN/ISSN
9789796926581
Klasifikasi
2X4.21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this