Image of Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis / Yunus Abidin

Text

Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis / Yunus Abidin



Judul : Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis
Penulis : Yunus Abidin
Edisi : Cetakan 2
Penerbit : Bumi Aksara
Deskripsi Fisik : xii, 320 hlm.; 23 cm.
ISBN : 9786024440770

Abstrak Informatif :

Secara tradisional, literasi dipandang sebagai kemampuan membaca dan menulis. Pada awalnya, seseorang dikatakan literat jika ia mampu membaca dan menulis. Definisi literasi selanjutnya berkembang menjadi kemampuan berbahasa mencakup kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Sejalan dengan perubahan waktu, definisi literasi pun bergeser dari pengertian yang sempit sebagai keterampilan berbahasa menuju pengertian yang lebih luas menjadi literasi dalam berbagai bidang ilmu. Sejalan dengan perkembangannya ini, literasi mencakup pula literasi sains, literasi matematika, literasi ilmu sosial, literasi media, literasi informasi, literasi finansial, literasi memasak dan lain-lain. Oleh sebab itu, kemampuan literasi bidang ilmu menjadi kemampuan penting yang harus dikuasai siswa agar bisa hidup dan berkehidupan pada abad ke-21 ini.
Berbicara tentang kemampuan literasi siswa Indonesia, kemampuan literasi siswa Indonesia sampai sekarang masih cukup memprihatinkan, hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa sejak tahun 2000 kemampuan literasi membaca, literasi sains, dan literasi matematika siswa Indonesia masih rendah jika dibandingkan siswa di negara lain. Karena itu upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa hendaknya dilakukan sedini mungkin agar kompetensi literasi para siswa dapat meningkat. Upaya peningkatan kemampuan literasi siswa juga semakin krusial untuk dilakukan sejalan dengan diberlakukannya kurikulum 2013. Secara konten, kurikulum ini mengintegrasikan mata pelajaran bahasa Indonesia dengan mata pelajaran lainnya (Tematik). Dengan demikian pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan literasi, terintegrasi, dan berdiferensiasi yang pada akhirnya membentuk pembelajaran multiliterasi. Upaya lain yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa adalah dengan diprogramkannya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016.
GLS merupakan program yang sangat penting dalam rangka mengembangkan kemampuan literasi siswa. Berdasarkan tahapan GLS yang telah dicanangkan, khususnya pada tahap ketiga, yakni memadukan literasi dengan seluruh mata pelajaran di sekolah. Hal ini membutuhkan model/metode pembelajaran dan model penilaian literasi yang tepat. Sehingga upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui program GLS secara nyata telah menumbuhkan kebiasaan literasi di sekolah.
Meskipun kenyataannya, kebiasaan literasi yang selama ini dicapai baru merupakan tahap pertama pelaksanaan GLS. Guna melaksanakan GLS pada tahap kedua dan ketiga, masih diperlukan upaya nyata terutama dalam hal menentukan strategi pembelajaran dan penilaian literasi.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 9 bab yang mencakup bab 1 konsep dasar literasi, multiliterasi dan pembelajarannya; bab 2 guru dalam perspektif pembelajaran literasi; bab 3 konsep dasar pembelajaran integratif dan berdiferensiasi; bab 4 literasi matematis dan pembelajarannya; bab 5 literasi sains dan pembelajarannya; bab 6 literasi membaca dan pembelajarannya; bab 7 literasi menulis dan pembelajarannya; bab 8 penilaian literasi dan pembahasan ditutup pada bab 9 gerakan literasi sekolah dan sekolah literasi.
Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sekolah Literasi, Multiliterasi.


Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, data koleksi eksemplar, deskripsi fisik, klasifikasi, nomor panggil dan tajuk subjek.


Ketersediaan

180059341U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180059345U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180059344U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180059343U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180059342U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 374.012 4 Yun p
Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 320 hlm.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024440770
Klasifikasi
374.012 4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this