Image of Pembelajaran Multiliterasi : Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan / Yunus Abidin

Text

Pembelajaran Multiliterasi : Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan / Yunus Abidin



Judul : Pembelajaran Multiliterasi : Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan
Penulis : Yunus Abidin
Edisi : Cetakan 2
Penerbit : Refika Aditama
Deskripsi Fisik : xii, 374 hlm.; 24 cm.
ISBN : 9786027948808

Abstrak Informatif :

Berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tentunya mengubah pola pendidikan kita, pembelajaran sebagai inti proses pendidikan seharusnya mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan tersebut sehingga akan mampu menghasilkan lulusan yang adaptif dan kompetitif di masa yang akan datang. Namun harapan ini belum sepenuhnya terwujud, sebab kenyataannya mutu pendidikan kita masih saja terus dipertanyakan. Solusi yang telah titawarkan telah pula ramai-ramai ditolak dan bahkan ketika solusi tersebut resmi ditunda, sebagian orang bahkan ramai-ramai menggelar acara syukuran potong tumpeng.
Menghadapi kondisi ini, konsep pendidikan dan pembelajaran multiliterasi diyakini merupakan konsep yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan dalam konteks keindonesiaan. Hal ini sejalan dengan kenyataan bahwa multiliterasi adalah konsep pendidikan dan pembelajaran yang bersifat multibudaya, multikonteks, dan multimedia yang dapat digunakan dalam kurikulum apapun yang berlaku di Indonesia. Melalui implementasi pembelajaran multiliterasi, siswa akan dibelajarkan sehingga mereka akan memperoleh multikompetensi. Hal ini ditunjang pula oleh kenyataan bahwa pembelajaran multiliterasi bukan sekedar bertemali dengan pembelajaran literasi bahasa melainkan bertemali dengan pembelajaran literasi bidang ilmu lain, seperti literasi sains, literasi sosial, literasi matematis, literasi seni, literasi teknologi dan lain-lain.
Buku ini dalam pembahasannya terbagi atas 10 bab yang mencakup bab 1 wajah baru pembelajaran bahasa dan literasi; bab 2 membongkar jati diri pembelajaran multiliterasi; bab 3 model-model pembelajaran multiliterasi; bab 4 pembelajaran multiliterasi membaca; bab 5 pembelajaran multiliterasi menulis; bab 6 pembelajaran multiliterasi berbahasa lisan; bab 7 teks dalam pembelajaran multiliterasi; bab 8 media pembelajaran multiliterasi; bab 9 pajangan dan kelas multiliterat dan pembahasan ditutup pada bab 10 penilaian pembelajaran multiliterasi.
Kata Kunci : Multiliterasi, Pendidikan Literasi, Sekolah Multiliterat.


Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, data koleksi eksemplar, deskripsi fisik, klasifikasi, nomor panggil dan tajuk subjek.


Ketersediaan

180058629U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058634U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058633U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058632U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058631U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058630U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058635U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
190061243U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
190061244U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
190061245U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
190061246U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
190061248U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
190061247U 374.012 4 Yun pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 374.012 4 Yun p
Penerbit Refika Aditama : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xii, 374 hlm.; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786027948808
Klasifikasi
374.012 4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this