Image of Menjadi Guru Berkarakter : Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru / Agus Wibowo

Text

Menjadi Guru Berkarakter : Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru / Agus Wibowo



Judul : Menjadi Guru Berkarakter : Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru
Penulis : Agus Wibowo
Edisi : Cetakan 2
Penerbit : Pustaka Pelajar : Yogyakarta, 2017.
Deskripsi Fisik : xii, 264 hlm.; 21 cm.
ISBN : 9786022290957

Abstrak Informatif :

Guru merupakan sosok kunci dalam pendidikan, banyak tokoh pendidikan yang berpendapat bahwa sebagus apapun sistem, kurikulum dan sarana prasarana pendidikan tidak akan ada artinya tanpa guru yang berkualitas. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memenuhi suatu standar kualitas profesional agar proses pendidikan dan pengajaran terhadap anak didik mencapai hasil yang optimal. Dalam hal pendidikan, karakter yang kini semakin disadari sebagai sebuah kebutuhan oleh bangsa kita, sentralitas peranan guru yang demikian itupun tetap berlaku, bahkan merupakan sebuah keniscayaan.
Buku ini hadir sebagai upaya untuk memaparkan mengenai hal ikhwal pendidikan karakter, dan terutama apa dan bagaimana caranya menjadi guru yang berkarakter. Dengan harapan, buku ini bisa menjadi inspirasi dan panduan yang membantu para guru dan tenaga kependidikan lain dalam menginternalisasikan pendidikan karakter di sekolah.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 7 bab yang meliputi bab 1 pendahuluan yang menjelaskan tentang guru itu jantungnya pendidikan, profil guru masa depan, tantangan versus peluang profesionalisme guru dan karakter guru profesional; bab 2 guru itu harus berkarakter mencakup apa itu karakter?, karakter utama guru, guru dan pendidikan karakter, guru dan pengintegrasian pendidikan karakter, serta guru dan pendidikan kewirausahaan; bab 3 kompetensi sebagai karakter utama guru mencakup apa itu kompetensi?, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial; bab 4 soft skills sebagai karakter guru mencakup pendahuluan, apa itu soft skills?, dan urgensi soft skills bagi guru; bab 5 intrapersonal skills bagi guru meliputi pendahuluan, kekuatan kesadaran, kekuatan cinta, kekuatan pikiran positif, kekuatan keyakinan, kekuatan konsentrasi, kekuatan keputusan, jadilah guru yang "ngemong", guruku idolaku, berikan segera hak anak didik!, dan berikan anak didik ruang imajinasi; bab 6 interpersonal skills bagi guru meliputi pendahuluan, keterampilan berkomunikasi, keterampilan memberikan motivasi, keterampilan membangun tim dan keterampilan negosiasi dan mediasi serta pembahasan diakhiri bab 7 penutup.
Kata Kunci : Guru Profesional, Soft Skills Guru.


Ketersediaan

180058934U 371.12 Agu mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058935U 371.12 Agu mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058936U 371.12 Agu mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058937U 371.12 Agu mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2022-07-05)
180058938U 371.12 Agu mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058939U 371.12 Agu mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
180058940U 371.12 Agu mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 371.12 Agu m
Penerbit Pustaka Pelajar : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 264 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786022290957
Klasifikasi
371.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this