Image of Penilaian Autentik : Proses dan Hasil Belajar / Abdul majid

Text

Penilaian Autentik : Proses dan Hasil Belajar / Abdul majid



Judul : Penilaian Autentik : Proses dan Hasil Belajar
Penulis : Abdul Majid
Edisi : Cetakan 3
Penerbit : Remaja Rosdakarya
Deskripsi Fisik : vi, 274 hlm.; 24 cm.
ISBN : 9789796922587

Abstrak Informatif :
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru sebagai bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Artinya, penilaian harus tidak terpisahkan dalam penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran. Penilaian proses dan hasil belajar bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Objek dan sasaran penilaian proses dan hasil pembelajaran adalah komponen-komponen sistem pembelajaran itu sendiri, baik yang berkenaan dengan masukan proses maupun dengan keluaran dan semua dimensinya.
Salah satu konsep penilaian yang sedang hangat diperbincangkan saat ini adalah penilaian autentik atau terkadang disebut dengan penilaian alternatif. Penilaian autentik adalah proses yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang keberhasilan belajar murid dan bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Dalam rangka melaksanakan penilaian autentik yang baik, guru harus memahami secara jelas tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu, guru harus memahami secara jelas tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu, guru harus mengajukan pertanyaan kepada dirinya sendiri, khususnya berkaitan tentang (1) sikap, keterampilan, dan pengetahuan apa yang akan dinilai; (2) fokus penilaian apa yang akan dilakukan, misalnya berkaitan dengan sikap, keterampilan dan pengetahuan; (3) tingkat pengetahuan apa yang akan dinilai, apakah penalaran, memori atau proses.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari 9 bab yang mencakup bab 1 pendahuluan; bab 2 konsep dasar penilaian; bab 3 penilaian autentik; bab 4 penilaian autentik dan tuntutan kurikulum 2013; bab 5 tugas autentik dan rubrik penilaian; bab 6 langkah-langkah pengembangan penilaian serta penerapan kriteria ketentuan minimal; bab 7 teknik-teknik penilaian; bab 8 program tindak lanjut proses dan hasil belajar serta pembahasan ditutup pada bab 9 pengelolaan dan pemanfaatan hasil nilai.
Kata Kunci : Penilaian Autentik, Penilaian Keterampilan, Penilaian Pengetahuan, Penilaian Sikap.

Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, ISBN, penerbit, deskripsi fisik, klasifikasi, nomor panggil dan tajuk subjek.


Ketersediaan

180059795U 370.152 3 Abd pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 370.152 3 Abd p
Penerbit Remaja Rosdakarya : Bandung.,
Deskripsi Fisik
vi, 274 hlm.; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789796922587
Klasifikasi
370.152 3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.3
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this