Image of Tafsir Al-Asraar jilid 3 : Bahan Kultum / Pengajian  / Asrori

Text

Tafsir Al-Asraar jilid 3 : Bahan Kultum / Pengajian / Asrori



Judul : Tafsir al-Asraar Jilid 3 : Bahan Kultum/Pengajian
Penulis : Asrori
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Samudra Biru : Yogyakarta., 2020.
Deskripsi Fisik : xii, 230 hlm.; 21 cm.
ISBN : 9786232610705

Abstrak Informatif :

Buku tafsir ini termasuk dalam tafsir tematik (Maudhu'i), karena dalam penyajiannya menggunakan tema-tema tertentu secara rinci. Bagi pembaca yang waktunya terbatas atas hanya ingin mengetahui tema-tema tertentu akan lebih mudah tuk mempelajarinya. Selain itu juga keuntungannya karena beberapa ayat yang mendukung tema tersebut sekaligus ikut terbahas. Bila menggunakan cara berurutan, lewat urut-urutan surah dan ayat, diperlukan waktu yang lama dan itu menyulitkan serta bisa membuat jenuh.
Dari segi metodologi dan isi, buku ini juga sudah cukup memadai untuk ukuran yang ditujukan kepada pembaca masyarakat umum dan sangat cocok untuk bahan kultum atau pengajian umum.Meskipun uraiannya singkat dan sederhana, namun sudah memenuhi kaidah-kaidah dalam penafsiran al-Quran. Demikian pula dalam penafsiran yang condong kepada madzhab tertentu dan terlihat ada upaya untuk seobyektif mungkin.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari makna qurban; jalan yang lurus; makna shalawat; poligami Rasulullah Saw; keutamaan ibu; melampaui batas dalam beragama; istidraj; sujud dan sejenisnya; syafa'at Rasulullah Saw; masalah riba; i'jaaz al-Qur'an; akselerasi untuk akhirat; peristiwa di padang mahsyar; qudwah sang pemimpin; dosa dan ragamnya; shalat khusyu'; obat penyakit hati; fiqih air (1) : sarana ibadah; entropi dalam perspektif al-Qur'an; haji dan badal haji; kaya dan cukup; kriteria haji mabrur; kontroversi makna milik al-Yamin; keadaan hati; hak dan kewajiban suami-istri; keluh kesah manusia; janji Allah kepada orang yang bertakwa; makna rezeki dan jalannya; ikhlas dan tingkatannya; tujuan hidup manusia; makanan halal-haram; sikap menghadapi wabah; hikmah sakit; sahabat-sahabat neraka dan surga; penyesalan tak berguna; hikmah kisah Yusu as.; makna dan hikmah tawakal; menjaga lisan; shalat jum'at; keutamaan istighfar; keutamaan taubat; doa dalam perspektif al-qur'an; permusuhan kepada setan; rumah ideal menurut Islam; besi, ayat qauliyah dan kauniyah; kisah para penghuni gua (ash-haabul kahfi); i'tikaf di masjid; hak-hak dan rukhshah bagi manula; fiqih air (2) : sumber dan fungsi; dan pembahasan ditutup dengan fiqih air (3) : pengelolaannya.
Kata Kunci : Tafsir Maudhu'i, Tafsir Tematik, Ash-Haabul Kahfi.

Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, klasifikasi, nomor panggil dan tajuk subjek.


Ketersediaan

200062266U 2X1.4 Asr tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
200062265U 2X1.4 Asr tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X1.4 Asr t
Penerbit Samudra Biru : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 230 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232610705
Klasifikasi
2X1.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this