Image of Tafsir Al-Asraar Jilid 2 : Bahan Kultum / Pengajian  / Asrori

Text

Tafsir Al-Asraar Jilid 2 : Bahan Kultum / Pengajian / Asrori



Judul : Tafsir al-Asraar Jilid 2 : Bahan Kultum/Pengajian
Penulis : Asrori
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Kaukaba Dipantara : Yogyakarta., 2017
Deskripsi Fisik : xiv, 278 hlm.; 21 cm.
ISBN : 9786021508381

Abstrak Informatif :

Buku tafsir ini termasuk dalam tafsir tematik (Maudhu'i), karena dalam penyajiannya menggunakan tema-tema tertentu secara rinci. Bagi pembaca yang waktunya terbatas atas hanya ingin mengetahui tema-tema tertentu akan lebih mudah tuk mempelajarinya. Selain itu juga keuntungannya karena beberapa ayat yang mendukung tema tersebut sekaligus ikut terbahas. Bila menggunakan cara berurutan, lewat urut-urutan surah dan ayat, diperlukan waktu yang lama dan itu menyulitkan serta bisa membuat jenuh.
Dari segi metodologi dan isi, buku ini juga sudah cukup memadai untuk ukuran yang ditujukan kepada pembaca masyarakat umum dan sangat cocok untuk bahan kultum atau pengajian umum.Meskipun uraiannya singkat dan sederhana, namun sudah memenuhi kaidah-kaidah dalam penafsiran al-Quran. Demikian pula dalam penafsiran yang condong kepada madzhab tertentu dan terlihat ada upaya untuk seobyektif mungkin.
Buku ini dalam pembahasannya terdiri dari kekerasan dalam Islam; tujuan ibadah haji (Maqaashid al-Hajj); menggapai ikhlas; uswatun hasanah; makna menolong Allah; nusyuz dan syiqaq; 3 golongan hamba Allah; kunci perkara ghaib; penerima nikmat dari Allah Swt; istiqamah; al-mizan; rumor; ruh kudus dalam al-Qur'an; shalat tahajjud; hikmah memaafkan; kedudukan wanita dalam Islam; fiqih puasa; tingkat perkembangan rohani; fungsi al-Qur'an; iman parsial; berniaga dengan Allah; awan dan hujan; hari tua; prasangka (adz-Dzaan); penghapus dosa; Makkah kota aman; fiqih istisqo'; isti'aanah; toleransi beragama; kiamat dan peran ibu; millah Ibrahim; gerhana, LGBT; distorsi makna wali/auliya; puasa dan doa; puasa dan pembentukan karakter; masalah zakat; penisbatan dengan ayah kandung; taqlid dan intelektualitas; menggandakan harta; darah wanita; memakmurkan masjid; sumpah dan kafaratnya; model komunikasi dalam al-Qur'an; Islam rahmatan lil'alamin; mengelola informasi; hidayah dan taufiq; pluralitas dan pluralisme; bulan sya'ban; ibadah qurban dan pembahasan ditutup dengan bacaan doa sholat tahajjud.
Kata Kunci : Tafsir Tematik, Tafsir Maudhu'i, LGBT.

Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, klasifikasi, nomor panggil dan tajuk subjek.


Ketersediaan

210063978U 2X1.4 Asr tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
210066184U 2X1.4 Asr tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X1.4 Asr t
Penerbit KAUKABA Dipantara : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 278 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786021508381
Klasifikasi
2X1.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this