Image of Study Tentang Sejarah Perkembangan Tafsir Al-Quran Al Karim / Ahmad Syurbasyi

Text

Study Tentang Sejarah Perkembangan Tafsir Al-Quran Al Karim / Ahmad Syurbasyi



Judul : Study Tentang Sejarah Perkembangan Tafsir Al-Quran Al Karim
Penulis : Ahmad Syurbasyi
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Kalam Mulia
Deskripsi Fisik : ix, 256 hlm.; 21 cm.

Abstrak Informatif :

Keberadaan tafsir al-Qur'an tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sejarah Islam secara keseluruhan, karena itu wajib diinformasikan di tengah-tengah masyarakat. Sebagai umat manusia kita perlu mengetahui, memikirkan dan merenungkan sampai ke lubuk hati yang suci untuk mengenal sejarah al-Qur'an. Karena mengenal sejarah al-Qur'an berarti kita mengenal kitab suci yang dapat menyelamatkan, membahagiakan, menjanjikan keberuntungan, kebaikan hidup dunia dan akhirat.
Buku ini berisi keberadaan tafsir-tafsir al-Qur'an dari masa ke masa, serta keutamaan masing-masing tafsir tersebut. Tafsir al-Qur'an itu memiliki sejarah yang tersendiri bersama tokoh-tokoh tafsir yang ada di dalamnya. Buku ini juga mengungkapkan perkembangan tafsir mulai dari tafsir Rasul, tafsir sahabat, kemudian diikuti dengan tafsir-tafsir yang lahir setelah masa sahabat, antara lain tafsir tabi'in, tafsir tabi-tabi'in selanjutnya dikemukakan pula perkembangan tafsir pada masa salaf dan khalaf, bahkan sampai ke generasi berikutnya, kemudian dilanjutkan penafsiran al-Qur'an pada zaman modern sekarang ini. Meskipun dalam buku ini telah dihimpun tentang sejarah secara singkat mengenai tafsir-tafsir al-Qur'an dengan uraian yang rasional dan ilmiyah, namun keluasan serta kedalamannya tentu saja terbatas sesuai dengan kapasitas yang dimiliki penulis. Di samping itu pula dalam buku ini berisi penilaian terhadap masing-masing tafsir yang berkembang dari masa ke masa, sehingga diharapkan mendapatkan faedah serta manfaat dalam menafsirkan al-Qur'an secara kontekstual dan konsepsional.
Buku ini dalam pembahasannya terbagi atas 20 bagian mencakup bagian 1 kalimat tafsir; bagian 2 kedudukan tafsir; bagian 3 syarat-syarat untuk penafsiran al-Qur'an; bagian 4 takut menafsirkan al-Qur'an; bagian 5 terdapatnya khilafiyah dalam menafsirkan al-Qur'an; bagian 6 masalah tafsir dan kisah-kisah dalam al-Qur'an; bagian 7 penjelasan Allah tentang al-Qur'an al-Karim; bagian 8 tafsir al-Qur'an menurut versi Rasulullah; bagian 9 tafsir al-Qur'an menurut versi sahabat Nabi; bagian 10 tafsir al-Qur'an menurut versi pemahaman dan takwil; bagian 11 antara tafsir al-Qur'an Aqli dan Naqli; bagian 12 peningkatan kualitas ilmu tafsir; bagian 13 tafsir al-Qur'an menurut versi ilmiah; bagian 14 tafsir al-Qur'an menurut versi ahli sufi; bagian 15 tafsir al-Qur'an menurut versi politik; bagian 16 gerakan tajdid dalam bidang tafsir al-Qur'an; bagian 17 mengenai tafsir al-Qur'an yang mu'tabar; bagian 18 metode tafsir dan pengelompokkannya; bagian 19 pendapat ulama tentang periodesasi tafsir al-Qur'an dan pembahasan ditutup pada bagian 20 mengenal penafsiran al-Qur'an yang kontekstual.
Kata Kunci : Tafsir al-Qur'an, Mufassir, Sejarah Tafsir.


Judul Asli : Qishshatul Tafsir


Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, klasifikasi, nomor panggil, tajuk subjek dan gambar sampul.


Ketersediaan

22402/06U 2X1.309 Syu sPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
34109/11U 2X1.309 Syu sPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
39426/12U 2X1.309 Syu sPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X1.309 Syu s
Penerbit Kalam Mulia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
ix, 256 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1.309
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this