Image of Tafsir-tafsir al-Qur'an : Perkenalan dengan Metodologi Tafsir / Mahmud Basuni Faudah

Text

Tafsir-tafsir al-Qur'an : Perkenalan dengan Metodologi Tafsir / Mahmud Basuni Faudah



Judul : Tafsir-tafsir al-Qur'an : Perkenalan dengan Metodologi Tafsir
Penulis : Mahmud Basuni Faudah
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Pustaka
Deskripsi Fisik : xi, 275 hlm.; 21 cm.

Abstrak Informatif :
Pada akhir masa kekhalifahan Utsman bin 'Affan ra, terjadilah krisis perselisihan yang tajam tentang kekhalifahan. Banyak orang mempertanyakan apakah al-Qur'anlah yang menetapkan kedudukan imamah sesudah Rasul? dan apakah hal tersebut ditetapkan berdasarkan nash yang tegas kejelasannya atau yang tersembunyi? Peristiwa tersebut melahirkan propagandis-propagandis yang bermunculan dan beragitasi untuk memancing terjadinya fitnah diantara orang-orang Islam. Mulailah timbul perpecahan madzhab, dan penganjur-penganjur madzhab berusaha menyesuaikan ayat-ayatAllah dengan kehendak mereka sendiri. Akibatnya muncullah berbagai aliran pandangan terhadap al-Qur'an. bermacam-macam cara orang memahami dan menafsirkan kitab suci al-Qur'an. Kecenderungan yang berbahaya yang meluas pada masa itu adalah bahwa semakin banyak orientasi-orientasi yang menjadi ikut-ikutan dalam memahami pandangan yang ada dalam al-Qur'an, masing-masing orang menafsirkan al-Qur'an melalui kehendak hawa nafsunya. Berdasarkan kehendak itulah tiap-tiap mufassir menafsirkan al-Qur'an dengan cara sedemikian rupa untuk melayani kepentingan aliran madzhabnya sendiri. Karena itu semua, akhirnya al-Qur'an menjadi terbalik dipaksa mengikuti kehendak aliran mereka, setelah sebelumnya menjadi ikutan yang ditaati.
Kemudian bermunculan kitab-kitab tafsir al-Qur'anul Karim, yang disusun bukan karena ingin mengkhitmat terhadap al-Qur'an itu, bukan pula untuk menjelaskan kandungan-kandungan petunjuknya, akan tetapi justru kitab-kitab itu nampak seakan-akan kitab-kitab kemadzhaban, dan seakan-akan al-Qur'an itu diturunkan hanya untuk disanjung-sanjung dan dipuja-puja dikalangan para pecandu bait-bait syair. Sedangkan musuh-musuh umat Islam melihat al-Qur'an itu sebagai suatu yang harus ditendang jauh dan memandang rendah terhadapnya.
Dipihak lain, dari segi isinya muncul kitab-kitab tafsir yang dimaksudkan hanya untuk melayani kepentingan sesuatu cabang ilmu saja dengan mengorbankan kepentingan al-Qur'an. Sebagian mufassir misalnya mencurahkan perhatiannya pada masalah-masalah nahwu (gramatika) dan kebahasaan, padahal bahasa dan gramatika (nahwu-sharaf dan balaghah) tidak lain hanyalah merupakan alat untuk mengantarkan pada pemahaman maksud yang dikehendaki Allah Ta'ala. Demikian pula para mutakallimun (ahli Theologi Kalam) berupaya untuk menitikberatkan penafsiran mereka pada masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu kalam dan lain-lain.
Mereka semua itu mewariskan kepada kita kitab-kitab tafsir al-Qur'an yang memenuhsesaki perpustakaan-perpustakaan Islam. Masing-masing kitab membawa tabiatnya sendiri, yang mencerminkan kehendak pemikiran penyusunnya.
Buku ini membahas berbagai hal tentang penafsiran al-Qur'an dimulai dari arti tafsir, ta'wil dan perbedaannya; kenapa tafsir dibutuhkan; syarat-syarat mufassir; pembagian tafsir; tafsir bil-ma'tsur; tafsir sahabat; tafsir tabi'in; tafsir bir-ra'yi; metoda tafsir; metoda tafsir ahlus sunnah; metoda kaum syi'ah menafsirkan al-qur'an; metoda tafsir syi'ah imamiyah itsna'asyariyah; syi'ah mamiyah isma'iliyah (bathiniyah) dan metoda tafsirnya; kaum babiyah dan bahaiyah (pendahulu kaum bathiniyah) dan pendirian mereka dalam tafsir al-Qur'an; pendirian syi'ah zaidiyah dalam tafsir al-Qur'an; pembahasan ditutup dengan pembahasan metoda tafsir sufi.
Kata Kunci : Mufassir, Tabi'in, Syi'ah.


JA= At tafsir wa manahijuh


Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, klasifikasi, nomor panggil, tajuk subjek dan gambar sampul.


Ketersediaan

24714/07U 2X1.301 Faw tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2020-03-20)
24715/07U 2X1.301 Faw tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
24716/07U 2X1.301 Faw tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
24717/07U 2X1.301 Faw tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
24718/07U 2X1.301 Faw tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X1.301 Fau t
Penerbit Pustaka : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xi, 275 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1.301
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this