Image of Pengantar Ilmu Tafsir / Mashuri Sirojuddin Iqbal

Text

Pengantar Ilmu Tafsir / Mashuri Sirojuddin Iqbal



Judul : Pengantar Ilmu Tafsir
Penulis : Mashuri Sirojuddin Iqbal
Edisi : Cetakan 2
Penerbit : Angkasa
Deskripsi Fisik : xii, 295 hlm.; 21 cm.
ISBN : 9794044180

Abstrak Informatif :

Menafsirkan merupakan upaya kontekstualisasi dari teks. Kontekstualisasi dari teks-teks atau Firman Allah SWT dan Hadits-hadits Rasulullah SAW yang dilakukan oleh para mufassir (penafsir) hasilnya akan berbeda-beda setiap orang. Sangat mungkin terjadi, para mufassir mengkaji suatu ayat yang sama, tetapi tafsirannya atau kesimpulan hasil penafsirannya akan berbeda. Akan tetapi, selalu ada benang merah penafsiran yang mengerucut pada kesimpulan yang sama atau seragam. Hal ini dapat terjadi karena para penafsir mengikuti standar prosedur, tatacara, atau metode yang sama sebagai pakemnya. Pakem itulah yang dinamakan ilmu tafsir. Jadi, tidak semua orang dapat menafsirkan ayat-ayat Allah dalam al-Qur'an maupun Hadits-hadits Rasulullah SAW secara sembarangan tanpa didasarkan kepada ilmu tafsir. Semua upaya penafsiran al-Qur'an harus dilandaskan pada ilmu tafsir.
Buku ini berisi pembelajaran dan penguasaan aspek-aspek yang harus dikuasai apabila seseorang akan melakukan penafsiran suatu ayat atau hadits tertentu. Misalnya, para penafsir harus menguasai ilmu bahasa Arab dan cabang-cabangnya, memiliki kemampuan mengkaji as-Sunnah atau Hadits, mempunyai akidah yang benar, tidak dipengaruhi dan dimotivasi oleh hawa nafsu atau motif tertentu, serta harus menguasai minimal 15 cabang ilmu, seperti ilmu lughah, ilmu nahwu, ilmu sharaf/tashrif, ilmu ma'ani, ilmu qiraat dan sebagainya.
Terjadinya berbagai pendapat dan penafsiran dari para orientalis di Barat yang selama ini cenderung tendesius dan mendeskreditkan Islam dan kaum muslimin, boleh jadi salah satu faktornya adalah mereka menafsirkan al-Qur'an dan hadits-hadits Rasulullah. Secara liar atau membabi buta tanpa didasarkan ilmu tafsir yang memadai.
Buku ini dalam pembahasannya terbagi atas 11 bab yang mencakup bab 1 pengertian tentang al-Qur'an dan nama-namanya; bab 2 pengertian tentang Wahyu; bab 3 sejarah pengumpulan dan pembukuan al-Qur'an; bab 4 kandungan al-Qur'an; bab 5 pengertian tentang ayat, surat dan macam-macamnya; bab 6 pengertian tentang tafsir, ta'wil dan tarjamah; bab 7 pengertian tentang ilmu tafsir; bab 8 pengertian tentang ulumul Qur'an; bab 9 pembahasan dan pembagian ulumul Qur'an; bab 10 tafsir surat al-Fatihah dan pembahasan ditutup pada bab 11 bab tambahan (Penutup).
Kata Kunci : Ilmu Tafsir, Mufassir, Mukjizat.


Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, deskripsi fisik, klasifikasi, nomor panggil, tajuk subjek dan gambar sampul.


Ketersediaan

27137/08U 2X1.31 Mas pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
27138/08U 2X1.31 Mas pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
27139/08U 2X1.31 Mas pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
27140/08U 2X1.31 Mas pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
27141/08U 2X1.31 Mas pPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X1.31 Mas p
Penerbit Angkasa : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xii, 295 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794044180
Klasifikasi
2X1.31
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this