Image of Metodologi Ilmu Tafsir / Ahmad Izzan

Text

Metodologi Ilmu Tafsir / Ahmad Izzan



Judul : Metodologi Ilmu Tafsir
Penulis : Ahmad Izzan
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Tafakur
Deskripsi Fisik : x, 250 hlm.; 23.5 cm.
ISBN : 9789797780388

Abstrak Informatif :

Sekarang sangat diperlukan perangkat metodologis penafsiran yang berfungsi mengarahkan penafsiran itu sendiri. Urgensi dimunculkannya perangkat metodologis penafsiran ini jelas sekali, yakni agar interpretasi tidak terjebak pada kepicikan, aportunis dan hal negatif lainnya. Konsep-konsep keagamaan, baik yang berkaitan dengan tauhid, keimanan, akhlak dan hukum, semuanya bersumber dari interpretasi, hasil dialog teks dengan pembaca. Teks dengan sendirinya tidak dapat melahirkan konsep-konsep keagamaan. Ia membutuhkan pembaca yang cerdas yang dapat mengartukulasikan makna dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Agar konsep keagamaan tidak terjebak pada nafsu buas manusia, baik yang disengaja ataupun tidak, diperlukan perangkat metodologis penafsiran berupa madzhab-madzhab, metoda yang digunakan para mufassir, kaidah-kaidah penafsiran dan output yang dihasilkan dari ramuan ketiga perangkat metodologis tersebut.
Buku ini mengetengahkan beberapa hal penting dalam ranah penafsiran al-Qur'an. Pertama, mengeksplorasi tafsir dan sejarah perkembangannya dari masa klasik sampai kontemporer. Kedua, mengetengahkan madzhab-madzhab tafsir yang berkembang dari zaman ke zaman dan lebih jauh menguraikan metoda yang digunakan oleh para mufassir dalam menafsirkan al-Qur'an serta prinsip-prinsip yang dapat dijadikan sebagai pedoman teknis penafsiran. Ketiga, mengetengahkan output dari ramuan metodologis tersebut yang menghasilkan berbagai macam corak penafsiran dalam berbagai perspektif para mufassir.
Buku ini dalam pembahasannya lebih rinci terbagi atas 6 bab pembahasan yang mencakup bab 1 tafsir dan sejarah perkembangannya; bab 2 madzhab-madzhab tafsir; bab 3 metode-metode tafsir; bab 4 kaidah-kaidah tafsir al-Qur'an; bab 5 corak-corak tafsir al-Qur'an dan pembahasan ditutup pada bab 6 tafsir dan kebutuhan kontemporer.
Kata Kunci : Tafsir al-Qur'an, Mufassir, Sufi.


Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup nama pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, ISBN, klasifikasi, nomor panggil, tajuk subjek dan gambar sampul.


Ketersediaan

30775/10U 2X1.301 Ahm mPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X1.301 Ahm m
Penerbit Tafakur : Bandung.,
Deskripsi Fisik
x, 250 hlm.; 23.5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797780388
Klasifikasi
2X1.301
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this