No image available for this title

CD-ROM

ULAMA DAN POLITIK (Studi Tentang Pemikiran KH. Haderanie H. N.)



KH. Haderanie H. N. merupakan salah satu ulama besar dari sekian banyak ulama di Kalimantan Tengah. Karirnya di bidang agama, khususnya tasawuf dikenal dan diakui oleh berbagai lapisan masyarakat hingga ke pelosok Provinsi Kalimantan Tengah. Bahkan, nama dan ajarannya juga menyebar ke berbagai daerah di luar Kalimantan Tengah, di Pulau Jawa, hingga negeri Jiran (Malaysia). Kharismatik KH. Haderanie H. N. semakin tinggi ketika ia aktif terjun ke dunia politik. Sikap politiknya yang santun menjadikan ia sebagai tokoh panutan yang disegani oleh para pejabat muslim dan nonmuslim. Meskipun aktif di bidang politik, KH. Haderanie H. N. tidak pernah absen dari aktivitas dakwahnya. Memainkan dengan baik dua peran sebagai ulama dan politisi merupakan suatu hal yang luar biasa. Hal inilah yang sempat dilakukan oleh KH. Haderanie H. N. ketika ia ikut terjun ke dunia politik.
Latar belakang inilah yang menjadi alasan peneliti untuk menggali lebih dalam tentang pemikiran politik KH. Haderanie H. N., sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran politik KH. Haderanie H. N? Maka berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini pun bermaksud untuk menggambarkan pemikiran politik KH. Haderanie H. N.
Penelitian ini merupakan riset kepustakaan yang bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah untuk menggali data tentang masa lalu dari berbagai sumber berupa literatur, dokumen, dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian dipaparkan secara deskriptif dan dianalisis dengan metode hermeneutik guna menafsirkan makna-makna yang terselubung dalam sebuah teks atau dokumen.
Setelah melakukan penelitian terhadap pemikiran politik KH. Haderanie H. N., peneliti menemukan adanya kecenderungan KH. Haderanie H. N. untuk memadukan aspek fikih politik dan akhlak tasawuf dalam permainan politik yang diperankannya, sehingga pola politiknya senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai al-Quran dan Hadis serta dibarengi dengan moral politik yang baik. Hal ini tergambar dalam pemikirannya tentang keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat meliputi keseimbangan agama dan negara, nilai-nilai nasionalisme atau bela negara, politik multikultural atau toleransi dalam berpolitik, kedaulatan Tuhan dalam sistem demokrasi, serta penegakkan hukum, HAM dan moral politik sesuai dengan nilainilai yang terkandung dalam al-Quran dan Hadis, serta dibarengi dengan pola hidup bertasawuf.


Ketersediaan

23/KPI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
23/KPI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this