Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) PENUNTUN PRAKTIKUM DENGAN PENUNTUN BELAJAR PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI KELAS VIII MTs DARUL ULUM PALANGKA RAYA
Gerak tumbuhan merupakan materi Biologi yang mempelajari tentang bermacam gerak yang terjadi pada tumbuhan. Gerak yang terjadi pada tumbuhan lebih sulit dilihat dibandingkan gerak yang terjadi pada manusia dan hewan, oleh karena itu diperlukan media yang memudahkan peserta didik untuk melihat gerak yang terjadi sehingga peserta didik mampu membedakan macam gerak tersebut. Salah satu media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran yaitu Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (a) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar materi gerak tumbuhan antara peserta didik yang diberikan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) penuntun praktikum dibandingkan dengan peserta didik yang diberikan LKPD penuntun belajar pada kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya tahun ajaran 2012/2013, (b) Mengetahui respon peserta didik setelah pembelajaran gerak tumbuhan dengan menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) penuntun praktikum dan LKPD penuntun belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dan rancangan Randomized subjects Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII b berjumlah 37 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII a berjumlah 29 orang sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes dan analisis data menggunakan penghitungan secara manual menggunakan rumus uji-t ( t-test ) dengan pooled varian yaitu jumlah sampel (n) yang berbeda (n1 ≠ n2), varian homogen (б1 2 = б2 2) pada taraf signifikasi 5 % ( 0,05 ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Ternyata ttabel lebih besar dari ttabel (2,5 ≥ 2,00). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD penuntun praktikum dengan penuntun belajar pada materi gerak tumbuhan, (b) respon peserta didik setelah pembelajaran Biologi dengan menggunakan LKPD yang penuntun praktikum pada umumnya peserta didik menyatakan senang (100%), merasa baru (100%), merasa bermanfaat (100%), merasa mudah (91,89%), merasa suasana kelas tenang (2,70%) dan peserta didik aktif (86,49%). Respon peserta didik setelah pembelajaran Biologi dengan menggunakan LKPD yang penuntun belajar pada umumnya peserta didik menyatakan senang (48,28%), merasa suasana kelas tenang (75,86%) dan peserta didik merasa lebih mudah mempelajari materi 37,93).
Ketersediaan
58/TBG/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
58/TBG/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 580
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Wati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain