No image available for this title

CD-ROM

PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AYAM POTONG DI PASAR TRADISIONAL PURUK CAHU



Penelitian ini berfokus pada permasalahan tentang praktek jual beli ayam potong yang terjadi di pasar tradisional Puruk Cahu, problem ini muncul ketika adanya asumsi masyarakat selama ini rendahnya kualitas pelayanan penjual ayam potong. Terkait dengan hal ini penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Potong di Pasar Tradisional Puruk Cahu”. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui
dan menganalisis 1) Untuk mengetahui pengaruh etika bisnis terhadap kepuasan konsumen ayam potong di pasar tradisional Puruk Cahu. 2) Untuk mengetahui unsur-unsur etika bisnis yang paling dominan berpengaruh kepuasan konsumen terhadap etika penjual ayam potong di pasar tradisional Puruk Cahu.
Penelitian ini adalah mix research yaitu pengambilan data kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian adalah 50 konsumen pasar tradisional Puruk Cahu, metode pengumpulan data dengan data metode angket, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data Uji Instrumen Penelitian, Validitas konstrak (Construct validity), uji reliabilitas, konsep pengukuran dan analisis data uji korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana.
Adapun hasil penelitian diketahui bahwa 1) Melalui uji korelasi product moment menunjukkan hasil bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, melalui program SPSS versi 17.0 (uji F) diketahui bahwa skor rxy 0,860 lebih besar dari df 48 baik pada taraf signifikansi 5 % 0,2353, artinya bahwa variabel etika penjual ayam potong secara signifikan memberikan pengaruh bagi variabel kepuasan konsumen 2) Unsur-unsur etika yang paling
dominan berpengaruh atau menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan puas dan tidak puasnya yaitu a) Bertindak curang, b) Timbangan ayam potong tidak sesuai, c) Mencatat hutang dan mempersaksikannya, d) Mengambil keuntungan yang wajar, e) Bersikap ramah dan sopan kepada pembeli, dan f)Memberikan pelayanan yang baik.


Ketersediaan

42/ESY/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
42/ESY/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x4.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this