No image available for this title

CD-ROM

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MIFTAHUL HUDA I PALANGKA RAYA



Al-Qur’an adalah merupakan pedoman dan petunjuk bagi kehidupan manusia dimuka bumi, oleh karena itu Al-Qur’an harus bias dan mampu untuk dibaca, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam membaca Al-Qur’an tentunya harus memperhatikan hukum-hukum bacaannya yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya. Untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana cara membaca Al-Qur’an tersebut berbagai metode yang dapat digunakan, antara lain adalah metode iqra dan qiroati.
Penelitian pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda I Palangka Raya dengan rumusan masalah yaitu : Apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode qiroati dengan siswa yang dijarkan dengan tidak menggunakan metode qirroati. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan metode qiroati terhadap pembelajaran membaca Al-Qur’an
Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah menggunakan penelitian eksprimen dengan dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kontrol dan satu kelas sebagai eksprimen yang telah ditentukan sebelumnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda I Palangka Raya. Sampelnya adalah 12 siswa dari kelas IIIa sebagai kelas kontrol( bukan qiroati) dan 12 siswa kelas IIIb sebagai eksprimen(metode qiroati).Untuk menentukan hasil pembelajaran dengan menggunakan iqra dan qiroati maka dilakukan pengujian hipotesa dan interprestasi terhadap hasil nilai hipotesa dengan rumus statistic “t” test atau t tabel pada taraf signifikan.
Hasil penelitian pembelajaran membaca Al-Qur’an pada MI. Miftahul Huda I Palangka Raya dengan dengan tidak menggunakan metode qiroati diperoleh skor rata-rata 2.75 dan pemebelajaran yang mengguunakan metode qiroati 2.73, sehingga selisih nilai antara metode tersebut yaitu 0.02. Kemudian pada pengujian hipotesa menunjukkan bahwa df(db) sebesar 22 maka diperoleh harga kritik ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 2.07, sedangkan nilai harga t pada perhitungan sebesar 0.013 yang artinya jauh lebih kecil < dari ttabel. Dengan demikian maka hasil Ha ditolak dan Ho diterima karena ternyata tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode qiroati dan yang tidak menggunakan metode qiroati di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda I Palangka Raya.


Ketersediaan

539/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
539/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this