No image available for this title

CD-ROM

KINERJA KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DI MTS SIRAJUL MUNIR KECAMATAN PULAU HANAUT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR



Seorang pejabat dalam suatu organisasi pendidikan yang sering disebut kepala sekolah ( Pemimpin) sangat berpengaruh kepada bawahannya. Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan itu antara lain ditentukan oleh pejabat atau seorang pemimpin, sejauh mana sikap dan upaya seorang pemimpin (leader) itu mengelola institusi yang dijabatnya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Kinerja Kepala Madrasah sebagai lieder di MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabipaten Kotawaringin Timur antara lain: (1) Bagaimana Kepala Madrasah memberikan petunjuk atau arahan kepada pendidik (guru) di MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur; (2) Bagaimana Kepala Madrasah memberikan pengawasan kepada guru sebagai pendidik di MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur; (3) Bagaimana cara pengambilan keputusan yang dilakukan Kepala Madrasah di MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringi Timur; (4) Bagaimanakah Kepala Madrasah meningkatkan kemampuan dan kemauan para guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik di MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur; (5) Bagaimana kemampuan Kepala Madrasah untuk membuka komunikasi terhadap pendidik di MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur; (6) Bagaimana kemampuan Kepala Madrasah untuk mendelegasi tugas terhadap pendidik MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur; dengan tujuan penelitian: mendeskripsikan Kinerja Kepala Madrasah sebagai leader di MTs Sirajul Munir Kecamatan Pulau Hanaut Kabipaten Kotawaringin Timur.
Subjek penelitian adalah kepala MTs Sirajul Munir, sedangkan informannya yaitu 3 orang guru MTs Sirajul Munir. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian Kualitatif Deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan teknik Triangulasi dengan teknik dan sumber. Adapun Analisis Data dengan cara pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: (1) Kepala Madrasah memberikan petunjuk atau arahan kepada pendidik dilaksanakan pada setiap bulan serta pada waktu ada kesempatan, seperti rapat dan pembinaan, berupa administrasi serta permaslahan dalam pembelajaran; (2) Kepala Madrasah memberikan pengawasan kepada guru sebagai pendidik dilakukan dengan dua cara yaitu secara individual dan secara berkelompok; (3) Cara pengambilan keputusan yang dilakukan Kepala Madrasah yaitu dengan cara musyawarah ( diputuskan bersama); (4) Kepala Madrasah meningkatkan kemampuan dan kemauan para guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik dengan cara mengikutsertakan para pendidik untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan mendukung para pendidik untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi,; (5) Kemampuan Kepala Madrasah untuk membuka komunikasi terhadap pendidik, sangat menciptakan komunikasi yang harmonis, Kepala Madrasah selalu mendengar dan menghargai pendapat orang lain agar tidak terjadi konflik dalam hubungan antar guru.; (6) Kemampuan Kepala Madrasah untuk mendelegasi tugas terhadap pendidik, yaitu dengan menyesuaikan dengan tugas dan fungsi nya serta dilakukan rapat internal agar tidak ada kecemburuan yang timbul terhadap antar guru.


Ketersediaan

531/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
531/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.33
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this