No image available for this title

CD-ROM

PERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA di MTs DARUL AMIN PALANGKA RAYA



Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa minat belajar siswa dalam mengikuti jam belajar diruang kelas masih sangat kurang, pada saat jam pelajaran pertama siswa mengikuti dan pada jam pelajaran atau jam selanjutnya siswa tidak mengikuti jam belajar, antusias siswa dalam mengikuti jam belajar masih kurang, sehingga penelitian ini menfokuskan pada motivasi belajar pada siswa. Motivasi belajar sangat efektip apabila diterapkan pada siwa baik didalam kelas maupun diluar kelas karena motivasi sangat berperan penting dalam meningkatkan belajar siswa, semakin sering siswa termotivasi maka siswa akan mengalami perubahan belajar yang lebih baik. Kekuatan maupun dorongan yang diberikan pada siswa dapat menimbulkan tingkat keinginan dan antusias dalam melaksanakan suatu kegiatan maupun belajar, baik yang bersumber dari dalam diri siswa maupun luar diri siswa. Seberapa kuat motivasi yang diberikan maka siswa akan mengalami banyak perubahan baik dari perubahan belajarnya bahkan sikap siswa tersebut.
Rumusan masalah: 1) Bagaimana peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar?; 2) Model motivasi apa yang digunakan wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIC Darul Amin Palangka Raya?. Tujuan penelitian: a) Untuk mengetehui peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIC di MTs Darul Amin Palangka Raya; b) Untuk mengatahui model motivasi apa saja yang digunakan wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs kelas VIIIC Darul Amin Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , dengan jenis penelitian deskriptif dan pengabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yang dikutip oleh Bungin dengan 4 tahapan yakni: data collection, reduction, data display, dan conclotion drawing. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian: wali kelas VIIIC sedangkan informen penelitian: 10 siswa kelas VIIIC Darul Amin Palangka Raya, wakamat kesiswaan, guru-guru yang mengajar dikelas VIIIC Darul Amin Palangka Raya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha yang dilakukan wali kelas dalam penerapan motivasi di kelas VIIIC MTs Darul Amin Palangka Raya dengan cara seperti memberikan pendekatan perhatian penuh kasih sayang dan siswa harus percaya diri dalam belajar sehingga siswa memiliki semangat belajar yang tinggi dan tidak bermalas-malasan dalam belajar, wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan model motivasi Attention, Confidence dan Satisfaction baik didalam kelas maupun diluar kelas.


Ketersediaan

562/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
562/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this