No image available for this title

CD-ROM

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TAUHID PADA MATA PELAJARAN SAINS DAN PKn KELAS V DI SD INTEGRAL HIDAYATULLAH PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2013/2014



Dalam proses pembelajaran mengandung arti bahwa kegiatan dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis Tauhid pada Mata Pelajaran Sains Kelas V di SD Integral Hidayatullah Palangka Raya, tahun ajaran 2013/2014? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis Tauhid pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di SD Integral Hidayatullah Palangka Raya, tahun ajaran 2013/2014?
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis Tauhid pada Mata Pelajaran Sains Kelas V di SD Integral Hidayatullah Palangka Raya, tahun ajaran 2013/2014. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis Tauhid pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di SD Integral Hidayatullah Palangka Raya, tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian adalah satu orang guru mata pelajaran Sains dan PKn. Pengabsahan data dengan teknik triangulasi dan analisis data empat cara yaitu: pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran berbasis tauhid pada mata pelajaran Sains kelas V di SD Integral Hidayatullah telah terlaksana dengan baik karena komponen-komponen pembelajarannya telah terpenuhi. Tujuan pembelajaran berbasis tauhid pada mata pelajaran Sains kelas V yaitu memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya, dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep Sains yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Saat proses pembelajaran berlangsung, semua siswa memperhatikan penjelasan guru. Kelas dibuat dalam kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Materi pembelajaran berbasis tauhid pada mata pelajaran Sains kelas V menggunakan buku ajar yang berdasarkan KTSP namun dalam proses pembelajarannya akan diarahkan ke tauhid. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan mauizah.Sedangkan media yang digunakan adalah buku ajar, dan patung struktur organ tubuh.Untuk evaluasi pada pembelajaran dilakukan saat sebelum memulai pembelajaran dan sebelum mengakhiri pembelajaran dengan tes lisan ataupun tulisan. Selain itu pada akhir semester para siswa juga melaksanakan evaluasi dengan tes tertulis.
Kedua, Pelaksanaan pembelajaran berbasis tauhid pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Integral Hidayatullah juga telah terlaksana dengan baik berdasarkan komponen-komponen pembelajaran yang telah terpenuhi. Tujuan pembelajaran berbasis tauhid pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Integral Hidayatullah Palangka Raya yaitu agar setiap siswa menjadi warga negara yang baik, yakni warga negara yang memiliki kecerdasan, mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat serta, selalu bersyukur atas Rahmat dari Allah SWT, mempererat tali persaudaraan dan bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Saat proses pembelajaran berlangsung, kelas dibuat dalam kondisi pembelajaran yang menyenangkan sampai pembelajaran berakhir. Materi pembelajaran menggunakan buku ajar yang berdasarkan KTSP namun dalam proses pembelajarannya akan diarahkan ke tauhid. Untuk mata pelajaran PKn juga menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan metode tuntutan (mauizah). Media yang digunakan dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan media buku ajar, gambar negara Indonesia dan poster pahlawan. Evaluasi juga dilaksanakan saat sebelum memulai pembelajaran dan sebelum mengakhiri pembelajaran dengan tes lisan ataupun tulisan. Selain itu pada akhir semester para siswa juga melaksanakan evaluasi dengan tes tertulis.


Ketersediaan

544/PAI/13Perpustakaan IAIN Palangka RayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
544/PAI/13
Penerbit STAIN Palangka Raya : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 2x7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this