Detail Cantuman
Advanced Search
CD-ROM
PENERAPAN EVALUASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TERPADU AL-FURQAN PALANGKA RAYA
Evaluasi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. evaluasi termasuk dalam salah satu parameter kompetensi pedagogik. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik. Evaluasi seharusnya dilakukan oleh guru dengan menerapkan teori evaluasi. Pada kenyataannya memang semua guru melaksanakan evaluasi tetapi evaluasi yang dilaksanakan itu belum tentu menerapkan teori evaluasi.
Berangkat dari realitas tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian masalah penerapan evaluasi hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Furqan Palangka Raya yang dijabarkan ke dalam rumusan masalah (1) Bagaimana perencanaan evaluasi; (2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi; (3) Bagaimana pengolahan data dan pelaporan hasil belajar.
Tujuan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan evaluasi hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya yang berkenaan dengan perencanaan, pelaksanaan, serta pengolahan data dan pelaporan hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui (a) Observasi; (b) Wawancara; (c) Dokumentasi. Subjek penelitian adalah dua orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengabsahan data dengan teknik triangulasi dan analisis data empat cara yaitu: pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan menentukan bentuk evaluasi dan membuat instrumen yang akan digunakan dan telah ada pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam bentuk isian, essay, pilihan ganda, pelafalan, hafalan, dan praktik. 2) Pelaksanaan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah menerapkan prinsip-prinsip evaluasi yaitu kontinuitas, komperhensif, adil dan objektif, kooperatif, serta praktis. Dalam pelaksanaannya guru juga telah menerapkan bentuk-bentuk evaluasi seperti isian, essay, praktik, dan pilihan ganda bahkan guru mampu mengembangkan sendiri bentuk evaluasi yang digunakannya seperti hafalan dan pelafalan. 3) Pengolahan data dan pelaporan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah guru telah mengolah data hasil evaluasi menjadi skor yang kemudian diubah menjadi nilai dari berbagai macam penilaian yang telah dilaksanakan baik itu ulangan harian, lembar kerja siswa, remedial, ulangan tengah semester, dan ulangan umum (semester). Kemudian guru juga telah melaporkan hasil evaluasi dari setiap siswa kepada pihak yang berkepentingan seperti siswa, wali kelas dan divisi kurikulum guna diketahui oleh kepala sekolah dan orang tua siswa.
Ketersediaan
517/PAI/13 | Perpustakaan IAIN Palangka Raya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
517/PAI/13
|
Penerbit | STAIN Palangka Raya : ., 2013 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
R 2x7.382
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Hayatun Nufus
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain